seputarpapua.com

Awal 2021, KONI Papua Bakal Coret Atlet Tidak Berkembang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Sekum KONI Papua Kenius Kogoya (Foto: Vidi)
Sekum KONI Papua Kenius Kogoya (Foto: Vidi)

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua bakal melakukan evaluasi atlet dari 37 cabang olahraga yang sedang dipersiapkan menuju PON XX tahun 2021.

Bahkan diawal tahun 2021 mendatang, para atlet yang tidak berkembang atau mencapai peak performa terbaik akan di coret.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya di Jayapura, Sabtu (05/12).

Dikatakan Kenius, bahwa pencoretan itu karena para atlet yang disiapkan ini telah menjalani pemusatan latihan yang cukup panjang.

Apalagi evaluasi menyeluruh bukan hanya untuk para atlet, akan tetapi kepada para pelatih, asisten pelatih cabang olahraga.

“Jika atletnya tidak ada progress kemajuan dalam latihan, kita langsung degradasikan atlet tersebut. Kita akan lakukan di awal tahun 2021,” kata Kenius.

Diakui, saat ini KONI Papua sedang melukan tes kebugaran bagi semua atlet, yang mana hasil tes tersebut akan menjadikan indikator untuk dievaluasi.

“Bulan Januari kita sudah bisa pastikan kuota atlet PON Papua, sehingga tidak ada lagi ruang atau kesempatan untuk atlet pelapisan,” jelas Kenius.

Lanjutnya, setelah tes parameter di semua cabang olahraga, maka akan dilakukan analisis data dengan dikelola datanya para atlet.

Setelah itu, akan disampaikan kepada masing-masing atlet apabila tidak ada perkembangan, maka akan di degradasikan.

Selain itu, saat disinggung hari libur Natal bagi para atlet TC PON Papua, Kenius mengungkapkan bahwa KONI Papua sudah menyepakati libur Natal dilakukan selama seminggu.

“Per-tanggal 24 sampai 27 Desember mereka libur Natal, setelah itu kembali latihan. Kemudian tanggal 30 Desember 2020 hingga tanggal 03 Januari 2021 libur untuk tahun baru, tanggal 04 Januari semuanya sudah kembali berlatih seperti biasanya,” pungkas Kenius.

 

Reporter: Vidi
Editor: Aditra
Berita Terkait
Baca Juga