seputarpapua.com

Awal Ramadan Jatuh pada 13 April, Wabup Mimika: Mari Sucikan Hati

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob (kiri) dan Ketua MUI Mimika, Ust H. Muh. Amin, Ar saat menyampaikan sambutan 'Tarhib Ramadhan', Sabtu (10/4/2021). (Foto: Muji/Seputarpapua)
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob (kiri) dan Ketua MUI Mimika, Ust H. Muh. Amin, Ar saat menyampaikan sambutan ‘Tarhib Ramadhan’, Sabtu (10/4/2021). (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika menggelar Tarhib Ramadan (sambut bulan Ramadan) 2021 bersama organisasi muslim DMI, PHBI, Muhammadiyah, ICMI, BKPRMI, LDII dan lainnya.

Tarhib Ramadan yang digelar di Masjid Ar-Rahman, Sabtu (10/4/2021) dihadiri Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob.

Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ust H. Muh. Amin, Ar mengatakan, awal Ramadan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021.

“Insha Allah awal Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021, tapi itu masih menunggu keputusan dari pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Agama melalui sidang Isbat yang dilakukan pada 12 April 2021 nanti,” kata Ustad Amin.

Untuk pelaksanaan ‘amaliyah’ (ibadah) selama bulan suci Ramadan, akan tetap melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Kalau mencuci tangan, pasti umat muslim lakukan. Karena sebelum salat, pasti mengambil air wudhu untuk mensucikan diri.

“Untuk prokes, kami sudah uji coba melalui pelaksanaan salat Jumat, dan itu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sebelum pelaksanaan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan, pihaknya menggelar ‘Tarhib Ramadhan’ sebagai bentuk kebahagiaan umat muslim, dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021 M.

“Tahun lalu kan (red, 2020) umat muslim di Mimika vakum, karena adanya pandemi Covid-19. Namun tahun ini, kami menggelar ‘Tarhib Ramadhan’ yang artinya menyambut. Jadi kami (umat muslim) bersuka cita menyambut Ramadan,” ungkapngnya.

Berita Terkait
Baca Juga