Bagi BLT Dana Desa, Kepala Kampung SP6 Pesan: Jangan Pakai untuk Miras dan Judi

Proses penerimaan BLT DD di Kampung Naena Muktipura SP6. (Foto: Ist)
Proses penerimaan BLT DD di Kampung Naena Muktipura SP6. (Foto: Ist)

TIMIKA | Kampung Naena Muktipura SP6, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua melaksanakan pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepala masyarakat setempat.

Kepala Kampung Naena Muktipura, Lalu Sukri menjelaskan BLT yang dibagi dianggarkan melalui dana desa.

Untuk Kampung Naena Muktipura, pembagian BLT DD dilaksanakan pada Kemarin Selasa (19/7/2022) untuk triwulan satu (tahap 1) terhitung dari Januari-Maret.

BLT DD diberikan kepada 169 Kepala Keluarga. Dimana per KK diberikan Rp300 ribu dengan besaran anggaran yang di kucurkan Rp152.100.000.

“Tahub ini di SP6 yang terima BLT DD sebanyak 169 KK dari total KK 517,” jelas Lalu kepada Seputarpapua.com, Rabu (20/7/2022).

Ia menuturkan, proses awal setiap penerimaan BLT adalah wajib mempunyai KK dan KTP dan tentunya harus berdomisili di SP6.

“Pada saat pembagian BLT kami sepenuhnya menyerahkan ke RT karena RT wajib juga bertanggung jawab atas warganya namun dengan bimbingan dari aparat kampung. Pada saat terima BLT warga wajib di dokumentasi dengan memegang KTP/KK beserta jumlah uangnya yang diberikan dan tandatangan bukti sudah terima BLT,” ungkapnya.

Syarat lainnya bagi penerima BLT DD adalah tidak dapat bantuan PKH, BSP di Kantor Pos dan bantuan lainnya.

“Yang tidak berhak menerima juga PNS, TNI Polri, pengusaha, orang yang perekonomiannya mapan, juga kepala kampung dan aparatnya, bamuskam dan anggotanya,RT, RW, tokoh-tokoh, karena semua ini sdh ada honornya,” jelasnya.

Tahun ini juga Kampung Naena Muktipura kelola Dana dengan Pagu anggaran Dana Desa sebesar Rp1.016.326.000, Alokasi Dana Desa (ADD) Rp1.472.325.743, dan pendapatan bagi hasil retribusi pajak (PBH) Rp179.544.326.

“Kami berharap BLT DD bisa membantu kebutuhan masyarakat dan kami juga harapkan dana ini jangan dipakai untuk mabuk dan judi,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.