Bandara Mozes Kilangin Bakal Terapkan Smart Airport City

Aktifitas Bandara Mozes Kilangin
BANDARA - Aktifitas penumpang di counter check in Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika. 27 Juli 2022. Foto: Anya Fatma/SeputarPapua

TIMIKA | Bandara Mozes Kilangin Timika saat ini disiapkan untuk menerapkan Smart Airport City yang juga masuk dalam program smart city dimana Timika menjadi salah satu kota Smart City di Indonesia.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Soekarjo menjelaskan, saat ini pihaknnya melaksanakan pengelolaan bandara masih mengikuti perencaan yang dibuat seperti pengoperasian bandara, penambahan fasilitas dan aktifitas bandara lainnya.

Persiapan bandara menuju airport city ini disampaikan Plt Bupati Mimika, John Rettob usai menghadiri perayaan hari jadi UPBU di Kantor UPBU Mozes Kilangin, Kamis (6/10/2022).

“Tahun depan kami ada pembuatan aplikasi smart airport,” kata Soekarjo saat diwawancara di halaman terminal bandara, Kamis (6/10/2022).

Airport city itu nantinya akan bergandengan dengan penggunaan aplikasi smart airport.

Soekarjo menjelaskan, aplikasi smart airport ini kedepan akan membantu masyarakat atau penumpang untuk mengakses bandara.

Salah satu kemudahan yang akan diperoleh penumpang dengan adanya smart airport ini adalah penumpang bisa melakukan checkin dari rumah dengan aplikasi ini.

Dari rumah, penumpang juga bisa melihat jam penerbangan sampai dengan meliihat posisi pesawat yang akan ditumpangi sudah sampai dimana.

“Insya Allah tahun depan program (smart airport) ini dijalankan,” kata Soekarjo.

Dengan ini, penumpang yang melakukan check ini di rumah melalui aplikasi, saat sampai di bandara bisa langsung mengambil boarding pass.

“Nanti juga akan ada aplikasi lagi untuk boarding pas dicetak sendiri di bandara, jadi tidak perlu antri-antri di counter,” katanya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.