Banjir Rendam 3 Wilayah di Papua, BMKG Himbau Waspada Bencana Hidrometeorologi

Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Hendro Nugroho (kiri) saat memberikan keterangan pers. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Hendro Nugroho (kiri) saat memberikan keterangan pers. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Hujan deras yang mengguyur tiga wilayah di Papua yakni kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom sejak senin (21/2) malam menyebabkan ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian air 70 centi meter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura memperkirakan cuaca ekstrim masih terjadi hingga April mendatang.

Kepala BMKG wilayah V Jayapura, Hendro Nugroho, Selasa (22/2) mengatakan hujan deras yang terjadi di Jayapura akibat akibat cuaca ekstrim yang terjadi pada wilayah utara Papua meliputi, kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Sarmi.

“Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh warga tetap waspada karena potensi cuaca ekstrim hingga April mendatang, dan tetap waspada mengantisipasi bencana Hidrometeorologi,” katanya.

Dirinya meminta, Pemerintah Daerah dan TNI-Polri dapat menyiagakan tim bencana dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Kita belajar dari banjir bandang Sentani yang terjadi beberapa waktu lalu. Dan untuk warga di lereng gunung tetap waspada dengan bencana tersebut,” pintanya.

Hujan deras yang mengguyur tiga titik di Papua senin malam mengakibatkan ratusan rumah terendam.

Dalan peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa namun, titik terparah terdampak banjir yakni Perumahan Darsua Doyo, Pasar Praha Sentani, Kampung Kehiran, Mako Yonif 751 dan ruas jalan di wilayah kota Jayapura.

Tanggapi Berita ini
reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.