Bank Indonesia Salurkan Rp250 Miliar untuk Kebutuhan Lebaran di Mimika

TRANSAKSI | Masyarakat melakukan transaksi di Bank Mandiri Cabang Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
TRANSAKSI | Masyarakat melakukan transaksi di Bank Mandiri Cabang Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Bank Indonesia (BI) telah menyalurkan dana sejumlah Rp250 miliar untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri tahun 2021 ke Kabupaten Mimika, Papua.

Dana tersebut disalurkan melalui Bank Mandiri yang merupakan kas titipan Bank Indonesia.

Kepala Bank Mandiri Cabang Timika, Dagomes Lein menuturkan, dana itu telah disalurkan BI sejak beberapa pekan lalu.

Lebih dari 50 persen dana tersebut atau Rp149 miliar telah disalurkan ke bank-bank lain di Timika sesuai permintaan dari masing-masing bank dan kini tersisa Rp101 miliar.

“Jadi minggu kemarin BI sudah droping dananya kemari sehingga untuk persediaan uang cukup dalam menyambut hari raya lebaran,” katanya saat diwawancara di Timika, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut, jika dana yang disalurkan ke bank-bank lain habis, maka bank bisa mengajukan kembali untuk memenuhi kebutuhannya.

“Apabila ternyata dananya di sana berkurang maka dia boleh mengajukan ke kita dalam hal ini adalah Bank Mandiri yang merupakan perwakilan kas titipan BI,” jelas Dagomes.

Dana ini kata dia disiapkan bukan hanya untuk kebutuhan pada saat lebaran saja, tapi memang untuk perputaran uang menjelang lebaran.

“Dari 250 miliar itu tersisa 101 miliar dan setelah lebaran pasti meningkat lagi dan sesudah lebaran nanti masuk lagi uangnya,” katanya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.