Bank Indonesia Siapkan Rp6,1 Triliun Penuhi Kebutuhan Idul Fitri di Papua

Ilustrasi
Ilustrasi

JAYAPURA | Kantor Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua menyiapkan uang tunai sebesar Rp6,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat periode Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di tengah situasi pandemi virus corona (COVID-19).

“Jumlah dana yang telah disiapkan Bank Indonesia Provinsi Papua melebihi dari kebutuhan berkisar Rp1,9 triliun,” ungkap Kepala Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga seusai penyaluran bantuan sembako warga terdampak COVID-19 di Kampung Yoka Kota Jayapura, Jumat (8/5).

Tigor mengakui, Bank Indonesia akan menjamin ketersediaan dana tunai pemerintah selama memasuki keperluan hari raya lebaran dan kebutuhan pemerintah dalam menghadapi situasi tanggap darurat pandemi COVID-19.

Ia berharap, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua terus terjaga meski dalam kondisi pandemi COVID-19.

“Saya pastikan kebutuhan uang tunai di wilayah kerja Bank Indonesia Provinsi Papua akan terpenuhi dengan aman sesuai kebutuhan masyarakat,” ungkap Tigor Naek Sinaga seperti dikutip dari Antara, Jumat.

Tigor mengatakan, visi Bank Indonesia menjadi bank sentral yang berkontribusi secara nyata terhadap perekonomian Indonesia dan terbaik diantara negara emerging markets.

Sedangkan misi Bank Indonesia, menurut Tigor, salah satunya turut mendukung stabilitas makroekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui sinergi bauran kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural pemerintah serta kebijakan mitra strategis lain.

“Serta memperkuat efektivitas kebijakan Bank Indonesia dan pembiayaan ekonomi, termasuk infrastruktur, melalui akselerasi pendalaman pasar keuangan serta turut mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat nasional hingga di tingkat daerah hingga memperkuat peran internasional, organisasi, sumber daya manusia, tata kelola dan sistem informasi Bank Indonesia,”ujarnya.

Sumber: Antara
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar