Bank Mandiri Timika Melayani Penukaran Pecahan Uang Rp75 Ribu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Ilustrasi

TIMIKA | Kepala Cabang Utama Bank Mandiri Timika, Dagomes Lein mengatakan, saat ini Bank Mandiri Timika siap melayani penukaran uang pecahan Rp75 ribu.

“Untuk penukaran uang pecahan Rp75 ribu, Bank Mandiri Timika menyiapkan 10.000 lembar. Dan ini sudah tahap kedua penukaran uang pecahan tersebut,” kata Dagomes saat ditemui di Hotel Grand Mozza Timika, Senin (1/03/2021).

Lanjut dia, uang pecahan Rp75 ribu ini sendiri dicetak oleh Bank Indonesia (BI) untuk mengenang kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun.

Namun pecahan ini dicetak secara terbatas, hanya sekian juta lembar saja. Sehingga tidak semua masyarakat Indonesia yang berjumlah 270 juta sekian juta bisa mendapatkannya.

“Karena jumlahnya terbatas, maka untuk mendapatkannya tidak seperti mata uang pecahan lainnya. Namun, ada persyaratan atau mekanisme yang harus dilakukan,” katanya.

Syarat untuk mendapatkan pecahan Rp75 ribu. Dagomes menjelaskan, masing-masing warga hanya bisa menukarkan 1 lembar. Tetapi tidak semua akan dapat, karena jumlah cetakan yang terbatas. Sehingga bagi yang ingin memiliki silahkan ke bank dengan membawa KTP.

Lanjutnya, nantinya akan didaftarkan per orang dan per KTP. Hal itu bisa dilakukan di Bank Mandiri Timika, karena sebagai kas titipan BI.

“Jadi cukup dengan KTP dan menukarkan uang pecahan biasa sejumlah Rp75 ribu, untuk ditukarkan dengan satu lembar uang pecahan Rp75 ribu. Dan penukaran pun tidak perlu harus jadi nasabah bank tersebut,” tuturnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Batt
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga