Bank, Supermarket, Klinik, Hingga Aliran Listrik Mulai Disiapkan untuk Warga 3 Kampung

PENGUNGSI | Warga Tembagapura saat diungsikan ke Timika pada awal Maret 2020. (Foto: Dok/Seputarpapua)
PENGUNGSI | Warga Tembagapura saat diungsikan ke Timika pada awal Maret 2020. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Menindaklanjuti rencana pasca kepulangan warga Kampung Banti I, Banti 2 dan Opitawak , Forkopimda bersama pihak PT.Freeport Indonesia melaksanakan rapat evaluasi dan menetapkan perencanaan jangka pendek.

Rapat tertutup tersebut dilaksanakan di Rumah Jabatan Wakil Bupati, SP 3 Timika, Papua, Selasa (23/2/2021) dipimpin oleh Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob.

Usai melaksanakan rapat, kepada Awak media, Johanes Rettob menjelaskan pihaknya akan melaksanakan beberapa hal tentang pelayanan sesudah warga tiga kampung pulang ke kampung halamannya.

Dimana dengan situasi Covid 19 ini, warga tiga kampung tersebut dibatasi tidak bisa masuk ke wilayah Mile 68 dan sekitarnya karena wilayah Tembagapura adalah zona merah Covid-19. Sementara di tiga kampung tersebut masih zona hijau.

Untuk itu, pemerintah mencari solusi untuk menangani persoalan tersebut mulai dari pelayanan kesehatan, perbankan, listrik, perumahan, hingga air bersih.

Mantan Kadis Perhubungan ini menjelaskan dalam rapat yang dibahas pertama adalah pelayanan kesehatan.

IKLAN-TENGAH-berita

Pasca terjadi pembakaran fasilitas kesehatan yakni Puskesmas di Banti pada tahun 2017 silam, pelayanan kesehatan dipusatkan di area Tembagapura. Karena tidak bisa masuk ke wilayah Tembagapura sehingga pelayanan kesehatan akan dilaksanakan dipusatkan di Banti 1.

“PTFI sudah siapkan klinik sederhana sambil menunggu sampai Puskesmas jadi, dan Pemda akan menyiapkan tenaga medis. Dimana dalam Minggu ini pemerintah akan kirim 12 tenaga kesehatan dan untuk tempat sudah siap di Banti,” jelas John.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar