Bank, Supermarket, Klinik, Hingga Aliran Listrik Mulai Disiapkan untuk Warga 3 Kampung

PENGUNGSI | Warga Tembagapura saat diungsikan ke Timika pada awal Maret 2020. (Foto: Dok/Seputarpapua)
PENGUNGSI | Warga Tembagapura saat diungsikan ke Timika pada awal Maret 2020. (Foto: Dok/Seputarpapua)

Selanjutnya adalah pelayanan perbankan, dimana akan dipusatkan di dekat Polsek di luar kota Tembagapura dan untuk fasilitas sudah disiapkan oleh PTFI.

Nantinya perbankan akan melayani langsung baik kas tarik dan menabung. Masalah eknis waktu akan diatur oleh pihak Bank, sambil pemerintah menyiapkan kantor kas atau pemasangan ATM namun hal tersebut masih membutuhkan waktu yang cukup lama.

Lainnya adalah pelayanan perbelanjaan. Dirinya menjelaskan tim gabungan sudah siapkan dua alternatif yakni pihak supermarket yang nanti datang ke Banti lalu masyarakat bisa belanja. Setelah itu karyawan supermarket kembali lagi ke Tembagapura.

Alternatif kedua adalah pihaknya sudah menyiapkan tempat dimana nanti ada pengusaha lokal yang berjualan di Tembagapura, akan diarahkan untuk berjualan di Banti, dengan begitu bisa juga dibantu dengan pelayanan BRILink dari bank BRI.

“Ini semua ekstra cepat. Selama ini mereka masih aman karena ada bantuan pemerintah maupun PTFI untuk Bamanya tetapi kedepannya kan kita harus pikir,” serunya.

Untuk keperluan air bersih, John menjelaskan sudah diselesaikan oleh PTFI tinggal pekerjaan kecil dimana ada yang belum tersambung ke rumah-rumah ada pula yang sudah sehingga akan dirampungkan.

Sementara itu, terkait listrik sebelumnya sudah ada Mikrohidro dengan kapasitas 120 kWh yang bisa melayani tiga kampung.

Namun sejak masyarakat turun ke Timika ternyata mesin tersebut mengalami kerusakan.

“Solusinya nanti kami dari pemerintah siapkan genset lalu PTFI siapkan transportasi untuk angkut ke Banti, kemudian BBM juga akan dibantu oleh PTFI,” ujarnya.

2 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar