Banyak Main HP, Dinkes Bakal Redistribusi Nakes ke Pesisir dan Pegunungan

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay.com)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Reynold Ubra merencanakan redistribusi tenaga kesehatan (nakes) ke wilayah pesisir dan pegunungan.

Reynold menjelaskan, sebanyak 265 nakes yang sebelumnya diberhentikan telah dipekerjakan kembali. Mereka akan diredistribusikan karena ku lah nakes di wilayah kota sangat banyak.

Bahkan katanya sebaran tenaga kesehatan perawat, bidan dan analis sudah sangat banyak bahkan melebihi jumlah.

“Kondisi hari ini yang kami butuh itu tenaga perawat dan bidan tapi di daerah pesisir dan gunung. Makanya kami akan lakukan redistribusi,” kata Reynold di Timika, Selasa (26/4/2022).

Jumlah tenaga kesehatan untuk non ASN di wilayah kota hampir 500.

“Kalau non ASN ini menurut 9 jenis profesi dibanding jumlah tenaga ASN sudah cukup ini,” katanya.

Salah satu tujuan redistribusi ini untuk memenuhi kepuasan masyarakat sebagai pasien.

Reynold mengungkapkan, banyak laporan dari masyarakat bahwa untuk berobat ke Puskesmas mereka datang jam 7.30 WIT, tetapi petugas di Puskesmas justru datang jam 8.00 bahkan 8.30 WIT.

“Hari ini kami (masyarakat) menunggu untuk membeli obat, banyak petugas yang hanya main handphone. Saya pikir suara masyarakat ini harus kami dengar,” ungkap Reynold.

Reynold menambahkan, sejak 2019 sampai 2021 juga terjadi penurunan kunjungan Puskesmas dari 286 menjadi 245 kunjungan.

reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.