Bapenda Mimika Lakukan Pemutakhiran Data PBB-P2 di Kelurahan Pasar Sentral

PBB - Pembagian SPPT PBB-P2 kepada warga di Kota Timika, (Maret, 2022). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
PBB | Pembagian SPPT PBB-P2 kepada warga di Kota Timika, (Maret, 2022). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Pendapatan Derah (Bapenda) Mimika melakukan pemutakhiran data Pajak Bumi Bangunan – Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) di Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru.

Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifah mengatakan pemutakhiran data ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Adapun, realisasi PBB-P2 tahun 2022 masih harus di kejar lagi sebesar Rp1,7 miliar dari target Rp63 miliar.

“Pemuktahiran data PBB ini khusus di wilayah Pasar Sentral karena banyak rumah-rumah baru yang belum di data PBBnya,” kata Dwi di Timika, Rabu (2/11/2022).

Selain itu, pemutakhiran data PBB-P2 juga untuk melihat apa ada wajib pajak yang belum terdaftar atau ada yang lokasi tanahnya belum dipecahkan.

“Kan PBB ini mengikuti sertifikat atau pelepasan tanah. Misalnya, tanahnya 10 hektare lalu di bagi ke anak-anaknya, maka itu harus dipecahkan PBBnya. Dan kalau sudah dijual pun harus dihapuskan dan diganti dengan nama pembeli,” jelas Dwi.

Untuk diketahui, saat ini pembayaran PBB-P2 dan BPHTB di Mimika bisa dilakukan melalui onlien payment di Bank Papua dan Bank Mandiri.

Selain PBB, online payment ini juga berlaku untuk 10 jenis pajak daerah diantaranya, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah dan pajak mineral bukan logam dan batuan.

Pembayaran di Bank bisa dilakukan di teller, mesin ATM maupun melalui aplikasi Livin by Mandiri.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.