Bapenda Mimika Mudahkan Pembayaran Pajak Daerah dengan Berbagai Aplikasi

Kantor Bapenda Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kantor Bapenda Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Bapenda Kabupaten Mimika memberikan kemudahan membayar pajak daerah bagi masyarakat dengan berbagai aplikasi online.

Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifah menjelaskan, aplikasi yang tersedia ini ada yang dibuat sendiri oleh Bapenda Mimika dan ada juga yang menggunakan aplikasi dari perbankan untuk pembayaran.

Seperti yang baru diluncurkan dan langsung digunakan pada Oktober lalu ialah aplikasi IG-PBB.

Aplikasi IG-PBB ini merupakan aplikasi berbasis mobile app yang membantu proses pendataan objek pajak dan juga mengakomodir formulir pengumpulan data pasar dalam analisis zona nilai tanah (ZNT) PBB-P2 secara digital di lapangan.

Ada juga aplikasi yang baru dibuat yaitu I-tax. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada wajib pajak dimana bisa mencetak sendiri SPPT pajak di hpnya.

Biasanya, wajib pajak harus ke kantor untuk mengambil cetakan SPPT untuk membayar pajak.

Aplikasi i-Tax ini kata Dwi sudah disiapkan, hanya saja beberapa fitur didalamnya harus disesuaikan dengan undang-undang PDRD yang baru.

Selain aplikasi yang dibuat sendiri, Bapenda juga bekerjasama dengan perbankan di Mimika untuk memudahkan pembayaran pajak oleh wajib pajak.

Pertama ada bank mandiri, yang mana masyarakat bisa membayar pajak dengan berbagai chanel bank mandiri mulai dari teller di bank, melalui mesin ATM dan juga bisa membayar melalui aplikasi livin by mandiri.

Bapenda juga bekerjasama dengan Bank Papua dan masyarakat sebagai nasabah Bank Papua bisa membayar pajak melalui iteller, ATM maupun aplikasi mobile Bank Papua.

Tidak hanya perbankan, Bapenda pajak daerah di Mimika juga bisa dibayar melalui aplikasi Gopay. Meskipun aplikasi ini belum terlalu familiar di Timika, tetapi sudah ada masyarakat yang menggunakannya untuk membayar pajak daerah.

Bapenda juga bekerjsama dengan PT Pos Indonesia untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak daerah.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.