Bappeda Mulai Jadwalkan Evaluasi RKA OPD Tahun 2023

Kepala Bappeda Mimika, Yohanna Paliling.
Kepala Bappeda Mimika, Yohanna Paliling.

TIMIKA | Bappeda Kabupaten Mimika, Papua Tengah mulai menjadwalkan evaluasi rencana kerja dan anggaran (RKA) organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Mimika.

Kepala Bappeda Mimika, Yohanna Paliling menjelaskan bahwa proses pembahasan APBD induk tahun 2023 kini dalam tahap penyusunan RKA di masing-masing OPD.

“Kita jadwalkan paling lambat minggu depan kita evaluasi dari masing-masing OPD di tim anggaran,” kata Yohanna di Timika, Kamis (1/12/2022).

Nantinya, usai penyusunan RKA dan evaluasi oleh tim anggaran, akan diinput ke sistem yang digunakan, yakni sistem informasi pembangunan daerah (SIPD). Setelah itu pihaknya akan meminta jadwal ke Pemerintah Provinsi Papua Tengah untuk dievaluasi oleh tim anggaran provinsi.

“Memang, informasi ibu Pj Gubernur begitu, bahwa untuk evaluasi sudah di Papua Tengah. Soal nanti di mana, saya belum ada informasi,” katanya.

Ia menambahkan, jika APBD akan dibahas di Provinsi Papua Tengah, berarti telah ada tim anggaran yang disiapkan. “Artinya berarti sudah disiapkan untuk melantik pimpinan OPD untuk tim evaluasi di provinsi nanti,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk mengatakan, evaluasi APBD Kabupaten Mimika dilaksanakan di Provinsi Papua Tengah.

“Evaluasi APBD nanti di Papua Tengah,” kata Ribka saat diwawancara di Kantor Puspem Kabupaten Mimika, pada Selasa, 29 November 2022.

Ia mengatakan evaluasi menunggu pembentukan perangkat daerah Provinsi Papua Tengah, dan yang akan disiapkan dalam waktu dekat adalah OPD yang sangat dibutuhkan untuk TAPD, di antaranya Bappeda, Badan Keuangan dan Inspektorat.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.