Bawa Sambutan Rakornis se-Provinsi, Bupati Mimika Singgung Soal Saham PTFI

Sekda Michael Gomar saat membawakan Sambutan dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Sekda Michael Gomar saat membawakan Sambutan dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Michael Gomar diberikan kesempatan  membacakan sambutan dari Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bidang pendapatan daerah tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Horison Ultima Timika, Rabu (18/5/2022).

Dalam sambutannya, Bupati memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Mimika.
Dimana kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dirjen bina keuangan daerah Kemendagri RI dan Dirjen perimbangan keuangan Kemenkeu Rl.

“Saya ucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Mimika sebagai tempat pelaksanaan Rakornis bidang pendapatan daerah tahun ini, semoga Mimika dapat
menjadi tempat yang aman dan menyenangkan semua,” katanya.

Dikatakan, pendapatan dan belanja merupakan dua sisi yang harus senantiasa dijaga keseimbangannya. APBD yang baik adalah apabila disisi pendapatannya senantiasa meningkat seiring dengan waktu dan memaksimalkan potensi disemua struktur pendapatannya.

“Disisi lain yang tidak kalah pentingnya adalah pengelolaan belanja yang efisien, efektif dengan mengedepankan skala prioritas. Sehingga tujuan akhir mensejahterakan masyarakat dapat diwujudkan,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Mimika, kata dia dalam beberapa tahun terakhir ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan disegala bidang, seperti fisik prasarana, jalan, jembatan, bandara utama, bandara-bandara perintis, pelabuhan laut, sekolah-sekolah dan lain sebagainya yang sudah pasti memerlukan kapasitas fiskal daerah yang kuat.

Sebagai catatan disampaika,  realisasi pendapatan daerah Kabupaten Mimika per 31 Desember Tahun 2021 adalah sebesar Rp. 4.438.374.506.538.

“Semoga di tahun-tahun mendatang dapat terus Kami tingkatkan untuk pelaksanaan
pembangunan di Kabupaten Mimika,” harapnya.

Dalam sambutan tersebut juga Pemda Mimika menyampaikan kepada Dirjen
Bina Keuangan daerah Kemendagri dan Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu bahwa divestasi saham PT. Freeport Indonesia yang efektif dilaksanakan mulai tahun 2019 belum membawa dampak signifikan bagi penguatan pendapatan daerah di Kabupaten Mimika khususnya dan di Papua pada umumnya.

“Saya harapkan ada perhatian aktif dan usaha yang konkrit dari pemerintah agar realisasi dari divestasi saham dapat benar-benar Kami rasakan Pada kesempatan ini pula, saya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Papua melalui Bappenda Provinsi yang telah mendukung pengelolaan pendapatan daerah di Kabupaten Mimika, melalui koordinasi yang baik serta arahan-arahannya kepada Bapenda Kabupaten Mimika,” kata Bupati.

Kata kuncinya adalah adalah membangun e-government untuk peningkatan pelayanan publik dan memperkuat transparansi dan akuntabilitas.

“Kepada peserta rapat hari ini agar dapat mengikuti acara dengan baik sehingga dapat menghasilkan pemikiran atau rumusan-rumusan yang baik untuk peningkatan pendapatan daerah kita guna membiayai pembangunan di Tanah Papua. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi landasan bagi terciptanya kapasitas fiskal yang kuat pada tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.