Bawaslu Mimika: Banyak Karyawan Freeport Belum Masuk Data Pemilih

Komisioner Bawaslu Kabupaten Mimika, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono Muchie (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Komisioner Bawaslu Kabupaten Mimika, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono Muchie (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Bawaslu Mimika hingga kini masih terus berusaha agar seluruh karyawan di lingkungan PT. Freeport Indonesia bisa terakomodir dalam data pemilih.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Mimika, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono Muchie mengatakan, pihaknya koordinasi dengan Freeport untuk bisa bekerjasama dalam melakukan sinkronisasi ke Dukcapil Mimika.

“Kami punya agenda juga bersama setiap tiga bulan mengadakan rapat antara beberapa stakeholder untuk membahas dan mengevaluasi ini, sekarang kami sudah mengirimkan surat ke freeport dan rencana akan rapat lagi,” kata Budiono ketika diwawancarai, Jumat (11/11/2022).

Pemilih karyawan Freeport menjadi fokus penyelenggara pemilu, sebab menurutnya kemungkinan karyawan belum mendapatkan informasi yang lengkap mengenai data pemilih.

“Kita lagi fokus juga terkait karyawan freeport karena waktu ini jalan terus kemarin untuk pelayanan adminduk karyawan belum antusias. Kita sementara koordinasi lagi untuk lebih menggaungkan lagi supaya informasi ini sampai ke karyawan. Mungkin juga mereka belum dapat informasi yang cukup,” ungkapnya.

Dijelaskan, hingga kini masih banyak karyawan yang belum masuk dalam daftar pemilih di Mimika.

“Waktu itu kita rapat karyawan katanya berjumlah 28 ribu. Sementara yang terakomodir dalam data pemilih baru sekitar 6000an. Makanya kita masih minta data dari freeport nanti baru kita bisa petakan agar beri sosialisasikan lagi lebih intens,” ungkapnya.

Ditambahkan, sesuai dengan jadwal pemilu, bulan Juli 2023, KPU sudah harus menetapkan Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Mimika.

“Nanti beberapa tahapan akan dilalui oleh pihak KPU dan kami Bawaslu tentu akan ikut dalam prosesnya hingga nanti ditetapkan menjadi DPT,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.