Bawaslu Mimika Libatkan Mama-mama Penjual Pinang Sosialisasikan Pemilu

Mama-mama penjual pinang saat mengikuti sosialisasi Pemilu yang digelar Bawaslu Mimika, Selasa (15/11/2022). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Mama-mama penjual pinang saat mengikuti sosialisasi Pemilu yang digelar Bawaslu Mimika, Selasa (15/11/2022). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Sejumlah mama-mama penjual pinang di Timika diberikan sosialisasi Pemilu yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, di Hotel Horison Diana Timika, Selasa (15/11/2022).

Komisioner Bawaslu Mimika Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Budiono Muchie mengatakan,  pihaknya menggandeng mama-mama penjual pinang karena mereka selalu bertemu dengan banyak orang setiap hari.

“Dengan interaksi mama-mama penjual pinang dengan banyak orang juga bisa menyampaikan pesan-pesan Pemilu, misalnya membantu menyampaikan mengenai bagaimana politik tanpa uang dan lainnya,” katanya.

Menurut Budi, mama-mama penjual pinang perlu dilibatkan, sebab selama ini mereka sangat jarang mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan Pemilu, sehingga nantinya bisa membantu Bawaslu dalam mengawasi Pemilu.

“Mereka juga bisa membantu menyampaikan mengenai hak pilih, semua orang berhak untuk menentukan pilihan saat Pemilu berlangsung,” ujarnya. 

Dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan materi yang dibawakan oleh orang berpengalaman dalam lembaga Bawaslu, dan dari pihak akademisi.

“Jadi kita sosialisasikan bagaimana peran perempuan dalam meningkatkan proses demokrasi, kemudian pengawasan partisipatif dari mama-mama dalam mensukseskan Pemilu,” ujarnya.

Selain itu, Bawaslu juga mempunyai rencana untuk melibatkan para tukang ojek dan pedagang di pasar.

“Harapan kami partisipatif dari masyarakat semakin meningkat dalam hal pengawasan, sehingga semua masyarakat bisa terlibat dalam pengawasan,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.