Bawaslu Mimika Rekrut Pengawas Pemilu Tingkat Distrik

Komisioner Bawaslu Mimika Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono Muchie
Komisioner Bawaslu Mimika Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono Muchie

TIMIKA | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika mulai membuka perekrutan panitia pengawas pemilihan umum tingkat distrik atau Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam)

Komisioner Bawaslu Mimika Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono Muchie, menjelaskan bahwa perekrutan Panwascam saat ini dalam tahap sosialisasi. Nantinya pendaftaran baru akan dibuka per tanggal 21-27 September 2022.

“Nanti ada tahapan-tahapan yang diikuti (calon), terus terakhir ada tahapan tanggapan masyarakat. Jadi masyarakat ikut terlibat. Misalnya calon si A ini pernah berkonflik atau orang ini bermasalah, silakan beri tanggapan kepada kami,” kata Budiono di Timika, Selasa (20/9/2022).

Ia berharap, masyarakat bisa terlibat dalam perekrutan Panwascam.

“Karena kita kan tidak cukup kuat untuk melihat perorangan ini juga, latar belakang atau masa lalunya seperti apa,” ujarnya.

Perekrutan kali ini, kata dia, setiap distrik ditargetkan tiga orang Panwascam atau Panwas Distrik. Jika di kalkulasikan, maka target Panwascam yang dibutuhkan Bawaslu Mimika ada sebanyak 54 orang.

Namun, ada banyak ketentuan untuk menjadi seorang Panwascam, seperti misalnya tidak pernah terlibat di partai politik, menjadi tim kampanye, maupun bukan seorang terpidana.

“Persyaratan mirip perekrutan Bawaslu Kabupaten, cuma di panwas ini usianya minimal 25 keatas, pendidikan minimal SMA. Jadi semakin banyak yang terlibat semakin bagus,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.