seputarpapua.com

Bawaslu Papua Lakukan Pencegahan dan Pengawasan Ketat PSU di Tiga Kabupaten

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Komisioner Bawaslu Papua Ronald Manoach
Komisioner Bawaslu Papua Ronald Manoach

TIMIKA | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua, terus melakukan pencegahan dan pengawasan ketat terkait pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tiga kabupaten, yakni Kabupaten Yalimo, Boven Digoel, dan Nabire.

Komisioner Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua telah menetapkan jadwal pelaksaan PSU di tiga kabupeten tersebut.

PSU Kabupaten Yalimo dilakukantanggal 5 Mei 2021, Boven Digoel 7 Juli 2021 dan Nabire 14 Juli 2021.

“Dari penetapan jadwal tersebut dan sesuai dengan perintah Mahkamah Konstitusi (MK), maka Bawaslu diperintahkan untuk melakukan pengawasan melekat dan supervisi pada setiap tahapan,” kata Ronald melalui sambungan telepon, Kamis (15/4/2021).

Menurut Ronald, Bawaslu Provinsi Papua sudah berkoordinasi dengan Bawaslu pada tiga kabupaten tersebut untuk melakukan pengawasan secara maksimal.

Untuk Kabupaten Yalimo sudah dilakukan percetakan surat suara, dan ini terus diawasi oleh Bawaslu kabupaten, dengan supervisi Bawaslu provinsi.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pencegahan. Salah satu bentuknya adalah melakukan ‘coffe morning’ yang rencananya dilakukan pada 21 April 2021 nanti dan dihadiri para pasangan calon (paslon), tokoh masyarakat, tokoh adat, dan lainnya.

Tujuan dari ‘coffe morning’ itu adalah, untuk bisa saling berdiskusi, serta menyampaikan perintah dari MK agar tidak ada lagi pelanggaran, intimidasi, dan kekerasan.

“Ini semua harus diketahui oleh masyarakat, dan kami terus berupaya melakukan pencegahan di Kabupaten Yalimo,” ujarnya.

Berita Terkait
Baca Juga