Belum Dievakuasi, Lokasi Pembunuhan 8 Karyawan PTT Hanya Gunakan Jalur Udara, Begini Kondisi Geografis di Puncak

Lokasi kerja 8 karyawan PTT di Tower B3 PTT di Belfast yang dibunuh KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua (Foto: Capture YouTube Palapa Timur Telematika)
Lokasi kerja 8 karyawan PTT di Tower B3 PTT di Belfast yang dibunuh KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua (Foto: Capture YouTube Palapa Timur Telematika)

TIMIKA | Delapan korban meninggal akibat tindak kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua hingga Jumat (4/3/2022) belum dievakuasi dari lokasi kejadian.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartensz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, transportasi ke lokasi kejadian hanya menggunakan jalur udara dan harus melihat kondisi cuaca.

“Karena untuk sampai di TKP hanya bisa melalui jalur udara,” kata Kabid Humas, pada Kamis (3/2/2022).

Dikutip dari Papua.go.id disebutkan, Kabupaten Puncak merupakan wilayah dataran tinggi dengan ketinggian rata-rata ± 4.500 meter di atas permukaan laut, terletak pada posisi 3ᴼ00’-4ᴼ 03ˈ Lintang Selatan, serta 136ᴼ40’-138ᴼ05ˈ Bujur Timur.

Suhu udara minimum di Kabupaten Puncak adalah 17,75 derajat celcius dan suhu udara maksimum adalah 32,25 derajat celcius. Rata-rata hari hujan di Kabupaten Puncak adalah 11 hari pertahunnya dengan hari hujan terbanyak pada bulan Januari. Curah hujan tertinggi pada bulan Desember yakni sebesar 160 mm.

Delapan korban adalah karyawan PTT (Palapa Timur Telematika) dibunuh KKB saat melakukan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel pada Rabu (2/3/2022).

Penyerangan yang dilakukan oleh KKB terhadap karyawan PTT terjadi pada Rabu 2 Maret 2022 di Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel pada titik CO 53M 756085 9585257 di wilayah Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Namun kejadian itu baru diketahui pada Kamis (3/3/2022).

Dari penyerangan tersebut delapan orang di laporkan meninggal dunia dan satu orang selamat. “Korban yang meninggal dunia yakni berinisial B, R, BN, BT, J, E, S dan PD. Sedangkan satu korban selamat berinisial NS,” ujar Kabid Humas.

“Pihak perusahaan PT. Palapa Timur Telematika (PTT) sudah mengevakuasi karyawan yang berada di BTS 4. Sedangkan untuk di BTS 3 belum bisa dilakukan karena terkendala cuaca,” kata Kamal.

Pihak Polres Puncak saat ini sudah membentuk tim untuk menuju ke TKP, guna membantu proses evakuasi untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait kasus tersebut.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar ditutup.