Bencana Alam di Kota Jayapura, Pemkot Utamakan Evakuasi Warga

TINJAU | Wakil Walikota, Rustan Saru tinjau banjir di Pasar Youtefa (Foto: Ist)
TINJAU | Wakil Walikota, Rustan Saru tinjau banjir di Pasar Youtefa (Foto: Ist)

JAYAPURA | Hujan deras yang mengguyur sejak Kamis (06/01/2022) malam hingga Jumat (07/01/2022) pagi menyebabkan sejumlah titik di Kota Jayapura terendam banjir dengan ketinggian 1-2 meter, dan longsor.

Lokasi yang terendam banjir diantaranya, Kantor Gubernur Papua, kantor DPR Papua, Entrop, dan beberapa titik di distrik Jayapura Utara, Distrik Abepura, Distrik Jayapura Selatan.

Untuk lokasi terparah yakni Pasar Yotefa yang mencapai dua meter lebih.

Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru yang meninjau banjir di Pasar Youtefa mengatakan saat ini pemerintah Kota Jayapura tengah berupaya mengevakuasi warga yang terjebak ditengah pasar dan menyiapkan makanan siap saji bagi bagi warga terdampak banjir.

“Untuk penanganan warga terdampak banjir, kita lakukan evakuasi bagi warga yang berada ditengah pasar menggunakan perahu karet. Setelah itu kita siapkan makanan siap saji bagi mereka karena sejak malam mereka belum makan,” katanya saat meninjau korban banjir di Pasar Youtefa Jumat.

Selain itu kata Rustan Saru, Pemerintah Kota Jayapura juga berencana untuk mengeruk kali yang tersumbat sehingga banjir cepat surut.

“Untuk kali acai memang sedikit tersumbat sehingga kita akan gunakan alat berat untuk melakukan pengerukan terhadap sampah yang menutup jalur air. Kita harap bisa secepatnya dilakukan sehingga air bisa surut dan warga bisa membersihkan sisa-sisa banjir,” katanya.

Selain mengevakuasi warga, Pemerintah Kota Jayapura juga berupaya membersihkan pohon yang tumbang dan menutup jalan utama serta membersihkan longsor yang menutup badan jalan.

reporter : Fnd
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.