Berdesak-desakan, Ratusan Warga Mimika Serbu Bazar Telur Murah

BEREBUT | Ratusan warga Mimika berebut membeli telur pada bazar murah yang digelar Hipukami binaan Dinas Peternakan Kabupaten Mimika. (Foto: Muji/SP)
BEREBUT | Ratusan warga Mimika berebut membeli telur pada bazar murah yang digelar Hipukami binaan Dinas Peternakan Kabupaten Mimika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Ratusan warga Mimika, Papua menyerbu bazar telur murah yang digelar Himpunan Petani Unggas Kabupaten Mimika (Hipokami) binaan Dinas Peternakan setempat.

Bazar murah ini dilaksanakan di sekitar rumah bernyanyi Happy Puppy, Jalan Hasanudin, Distrik Mimika Baru, Rabu (25/3) sore.

Ratusan rak telur yang dijual dengan harga Rp60 ribu/rak itu habis dalam waktu kurang lebih 30 menit. Setiap orang dijatah hanya boleh membeli dua rak telur.

Sesuai pengamatan di lapangan, ratusan warga yang berdesak-desakan memburu telur murah itu, sudah tidak menghiraukan imbauan dari pemerintah, khususnya menjaga jarak terkait penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

Iwan salah satu warga mengatakan, terpaksa rela berdesak-desakan membeli telur di bazar murah ini karena harga satu rak di pasar mencapai Rp120 ribu. Sementara di bazar murah ini hanya Rp60 ribu.

“Kami terpaksa mas ikut antri berdesak-desakan membeli telur di bazar ini. Karena harga di pasar sudah mahal sekali. Ini untuk persiapan serta pemenuhan kebutuhan keluarga saja,” katanya.

Kabid Bina Usaha Disnak Mimika, Agustinus Mandang mengatakan, bazar telur murah ini digelar sebagai upaya pemerintah untuk meringankan masyarakat dalam membeli telur.

Pasalnya, ada beberapa oknum pedagang yang memanfaatkan isu penyebaran virus corona dan isu adanya lockdown di Mimika untuk mendapat untung dari penjualan telur.

Pedagang membeli telur dari peternak dalam jumlah banyak kemudian dijual lagi ke masyarakat dengan harga dua kali lipat.

“Tadi kami sidak di lapangan, dan menemukan harga satu rak telur dijual Rp70 ribu – Rp120 ribu. Harga ini mengalami kenaikan 100 persen dari harga dari peternak. Dimana untuk pembelian di luar kandang (seperti bazar ini) harganya Rp60 ribu. Tapi kalau beli langsung di kandang harganya Rp55 ribu,” terangnya.

“Untuk itu, kami (Disnak Mimika) menggalang dan mengajak para peternak telur untuk membuka bazar dengan harga sesuai standar,” ujarnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar