Berikut Tips Mengatasi Anak Cengeng dan Rewel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Ilustrasi

JAKARTA | Menangis adalah hal yang sering dilakukan oleh bayi atau anak-anak, biasanya untuk menunjukkan emosi atau hal tertentu.

Sayangnya, orangtua sering kali dibuat bingung karena tidak bisa mengerti apa yang ingin disampaikan bayi. Alhasil, Si Kecil akan menjadi lebih rewel dan terus menangis karena keinginannya tidak terpenuhi. Lantas, apa yang harus dilakukan?.

Seperti dikutip dari halodoc.com, disebutkan, anak cengeng dan rewel biasanya bukan tanpa sebab, pasti ada alasan di balik tangisannya. Maka dari itu, penting bagi ayah dan ibu untuk mengetahui apa alasan anak menangis. Mungkin, bayi menangis untuk menunjukkan rasa tidak nyaman, lapar, atau bahkan gejala penyakit tertentu. Biar lebih jelas, cari tahu cara dan tips mengatasinya di sini!

Tips Mengatasi Bayi yang Sering Menangis

Saat bayi menangis terus-menerus dan menjadi lebih rewel, ayah dan ibu mungkin akan merasa bingung. Namun, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

1. Cari Tahu Keinginan Si Kecil

Ketika Si Kecil belum lancar berbicara, menangis sering dijadikan cara untuk menyampaikan keinginannya. Maka dari itu, penting untuk mencari tahu apa penyebab bayi menangis. Bayi bisa menangis saat merasa tidak nyaman, lapar, haus, meminta sesuatu, atau sekadar mencari perhatian dari orangtua. Kalau itu alasannya, cobalah untuk menenangkan Si Kecil dengan pelukan dan tanya dengan suara lembut mengenai hal yang diinginkannya.

2. Sabar Menenangkan Si Kecil

Anak-anak memang sulit dilarang, alhasil mereka akan memangis jika keinginannya tidak terpenuhi. Kalau sudah begini, Si Kecil biasanya akan terus menangis dan membuat orangtua kebingungan. Mendidik si kecil memang tidak mudah, butuh kesabaran untuk menenangkan. Ketika anak mulai rewel, bicaralah dengan cara yang lembut tapi tegas. Jangan memarahi atau membentak, karena justru membuat Si Kecil takut atau semakin marah sehingga menangis lebih kencang.

3. Mengalihkan Perhatian

Saat Si Kecil menangis terus dan semakin rewel, cobalah untuk mengalihkan pikirannya. Sebenarnya, tidak apa-apa untuk membiarkan anak menangis sejenak untuk meluapkan emosi. Saat sudah mulai tenang, coba ajak anak berbicara untuk mengalihkan perhatiannya, sehingga tidak meneruskan tangisan sebelumnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti