Berupaya Menyusup ke Pos TNI, Pria Diduga Anggota Separatis Papua Ditangkap

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Seseorang diduga anggota kelompok separatis Papua tertangkap saat berupaya menyusup ke Pos TNI di Quari Atas, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (27/4/2022).

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun Seputarpapua.com, disebutkan bahwa, kelompok separatis berupaya melakukan gangguan keamanan terhadap Pos TK Quari Atas yang ditempati personel Yonif R 431/SSP di Distrik Kenyam.

Sekitar pukul 05.00 WIT, personel Pos TK Quari Atas di Pos Tinjau 2 melihat ada satu orang tak dikenal (OTK) berupaya memasuki Pos Quari Atas dengan cara merayap. Kemudian, personel TNI yang sedang melaksanakan siaga fajar menangkap OTK tersebut.

Selanjutnya sekitar pukul 06.00 WIT, personel di Pos Tinjau 1 juga melihat ada satu OTK lainnya terpantau membawa 1 pucuk senjata api mendekat ke arah Pos Quari Atas dari arah Kampung Ginid.

Kemudian personel di Pos Tinjau 1 mengeluarkan tembakan sebanyak empat kali ketika melihat ada OTK membawa senjata api. Namun OTK tersebut tidak membalas tembakan, melainkan langsung berlari ke arah sungai Kenyam.

Terkait kajadian itu, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Kav Herman Taryaman membenarkan telah ditangkap satu orang yang diduga anggota dari kelompok separtis Papua.

“Dari arah pos melihat satu orang yang tidak dikenal berupaya memasuki Pos Quari Atas Yonif R 431/SSP dengan cara merayap, kemudian prajurit TNI berupaya menangkap OTK itu,” kata Kapendam dalam keterangan tertulisnya yang diterima Seputarpapua.com di Timika, Rabu sore.

Terkait seorang OTK yang ditangkap tersebut dan diduga merupakan anggota kelompok separatis, kata Kapendam, telah diserahkan ke Pos Ops Damai Cartenz Polres Nduga.

“Akibat gangguan keamanan dari gerombolan KST tersebut, tidak ada korban jiwa dari TNI dan warga sipil,” katanya.

reporter : Saldi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.