BIAS 2021, Puskesmas Timika Beri Edukasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Siswa SMP dan SMA

Ilustrasi (Foto: Dok SP)
Ilustrasi ( Foto: Sevianto/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Puskesmas Timika, Kabupaten Mimika, Papua, dr Moses Untung mengungkapkan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2021 ini berfokus pada pemberian imunisasi kepada anak-anak usia SD.

Ia menjelaskan, untuk siswa SMP dan SMA/SMK diberikan edukasi tentang pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19.

“Untuk SMP SMA kita edukasi untuk vaksinasi Covid-19 dengan sasaran 12 tahun keatas,” kata dr Moses saat diwawancara di kantornya Jumat (26/8/2021).

Menurutnya, pemberian vaksinasi Covid-19 di lingkungan sekolah baik kepada siswa maupun guru hingga mencapai 70 sampai 80 persen bisa terjadi kekebalan kelompok di lingkungan sekolah.

“Supaya sekolah bisa menerapkan pembelajaran tatap muka dengan cakupan siswa dan guru serta staf sekolah,” tuturnya.

Untuk proses pemberiannya sendiri Untung, menyebutkan dilakukan secara mobile ke sekolah-sekolah yang sudah berpengalaman dengan pelaksanaan pemberian vaksinasi.

“Kalau guru-gurunya hampir semua sudah, cuma siswanya ini yang kami kemarin lagi advokasi. Mungkin dalam waktu dekat yang bersedia itu sekolah SMP Negeri 2,” jelasnya.

Pemberian vaksin kepada anak-anak siswa diatas usia 12 tahun dilakukan menunggu keputusan dan kesiapan masing-masing sekolah.

“Sebenarnya ini bagus supaya pihak sekolah dan pihak orang tua murid bisa melakukan pembelajaran tatap muka,”

“Jadi syaratnya memang harus vaksin supaya di sekolah itu terbentuk kekebalan kelompok untuk mereka yang terlibat dalam proses belajar mengajar,” tambah dokter Moses.

Ia menuturkan, untuk menghindari penolakan dari orang tua, pihaknya saat ini tengah memberikan informasi lebih awal kepada sekolah dan juga orang tua terkait pelaksanaan pemberian vaksin ini.

“Kita berharap orang tua mendukung,” tutup dr. Untung.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.