Blackbox Susi Air PK-BVM Ditemukan, 2 Korban Lainnya Dievakusi ke Timika

RUSAK | Kondisi pesawat Susi Air PK-BVM yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan di Kampung Duma, Kecamatan Dumadama, kabupaten Paniai, Papua pada 23 Juni 2022. (Foto: Dok Lanud Yohanis Kapiyau)
RUSAK | Kondisi pesawat Susi Air PK-BVM yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan di Kampung Duma, Kecamatan Dumadama, kabupaten Paniai, Papua pada 23 Juni 2022. (Foto: Dok Lanud Yohanis Kapiyau)

TIMIKA | Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama pihak TNI dan Susi Air pada Minggu, 27 Juni 2022 berhasil mengevakuasi blackbox atau kotak hitam pesawat Susi Air PK-BVM yang mengalami kecelakaan pada Kamis, 23 Juni 2022 di Kampung Duma, Kecamatan Dumadama, Kabupaten Paniai, Papua.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Slamet Suhartono yang dikonfirmasi Seputarpapua.com, Senin (27/6/2022), mengatakan bahwa selain mengevakuasi perangkat kotak hitam dan perangkat lainnya, dua korban bernama Paleo Dimbau dan Seruwanus Deabelu juga dievakuasi ke Timika.

Sebelumnya kedua korban pada saat operasi SAR gabungan lebih memilih tinggal di Kampung Duma, sehingga hanya dievakuasi lima orang korban ke Timika.

Danlanud juga mengatakan, pihak dari KNKT yang ikut langsung mengevakuasi kotak hitam adalah saudara Ony Suryo Wibowo selaku investigator KNKT.

“Sudah dibawa. Selain kotak hitam, juga cockpit recorder, radio-radio sama yang lainnya. Jadi ada banyak dibawa kemarin sama KNKT untuk di investigasi,” kata Letkol Pnb Slamet Suhartono.

Ia pun mengatakan, pihak Susi Air yang ikut terlibat dalam proses evakuasi kotak hitam dan korban ini, lantaran pihak Susi Air juga melakukan investigasi secara internal.

“Karena mereka butuh investigasi terkait dengan pesawatnya yang jatuh,” ujar Danlanud.

Pesawat Susi Air PK-BVM jenis Pilatus PC-6/B2-H4 Turbo Porter mengalami kecelakaan dalam penerbangan dengan Duma-Timika pada Kamis, 23 Juni 2022. Lokasi jatuh pesawat berada pada titik koordinat 4°02’45.3″ S 136°42′ 22.6″ E.

Beruntung seluruh penumpang termasuk pilot dalam keadaan selamat, mereka mengalami luka-luka robek hingga patah tulang.

 

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.