Blusukan ke Kampung-kampung Hingga 8 Hari, Pj Bupati Mappi Dengarkan Keluh Kesah Masyarakat

Pj Bupati Mappi Michaer R. Gomar saat melakukan kunjungan kerja di salah satu distrik. (Foto: Ist)
Pj Bupati Mappi Michaer R. Gomar saat melakukan kunjungan kerja di salah satu distrik. (Foto: Ist)

MAPPI | Kondisi geografis dan topologi di Pulau Papua tidak seperti di Pulau Jawa dan lainnya di Indonesia.

Masyarakat di Papua banyak yang tinggal di daerah pegunungan maupun pesisir pantai, yang tidak dapat dijangkau jalan darat dengan menggunakan mobil maupun motor.

Salah satunya di Kabupaten Mappi, yang kini masuk dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan.

Dengan kondisi geografis dan topologi, tidak menyurutkan Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar melakukan blusukan ke kampung-kampung di 8 distrik, yakni Distrik Pasue Atas, Pasue Bawah, Distrik Citak Mitak, Distrik Tizain, Distrik Kaibar, Distrik Asue, Distrik Haju dan Distrik Minyamur.

Selama 8 hari, sejak 17-25 Oktober 2022, Gomar sapaan akrab Penjabat Bupati Mappi bersama rombongan harus menyusuri sungai dan rawa dengan menggunakan speedboot, agar bisa sampai ke kampung satu dengan kampung lainnya.

Kehadiran Gomar di 8 distrik tersebut guna melihat kondisi sarana prasarana pelayanan publik, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan fasilitas rumah ibadah, serta fasilitas TNI- Polri.

Gomar juga melakukan dialog secara formal bersama masyakat di aula kantor distrik. Bahkan dengan penuh kekeluargaan, Gomar melakukan diskusi santai dengan masyarakat di halaman pekarangan rumah warga saat rombongan harus bermalam.

Dalam blusukannya ini, Gomar meminta masyarakat mendukung segala bentuk pembangunan di distrik hingga kampung, serta mendukung penyelenggaraan Pesta Demokrasi tahun 2024, dan menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif.

Disamping itu, masyarakat diminta untuk menyiapkan diri dalam pelaksanaan pemilihan kepala kampung serentak di Kabupaten Mappi di tahun 2023.

Pada kesempatan ini juga, Gomar mensosialisasikan kepada kepala kampung mulai tahun 2023 pengelolaan  Alokasi Dana Desa (DD) berbasis Aplikasi.

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar mengatakan, kunjungan kerja ke 8 distrik  merupakan trip kedua.

Trip pertama sudah dilakukan pada awal bulan lalu di 5 distrik, yakni Distrik Edera, Distrik Yakomi, Distrik Venaha, Distrik Syachme dan Distrik Bamgi.

Untuk trip kedua dilakukan pada 8 distrik di bagian sisi Utara, Timur dan Selatan Kabupaten Mappi, dimana sebagian besar distrik berbatasan langsung dengan sejumlah kabupaten tetangga.

“Saya bersama rombongan turun dan mengecek langsung sapras pelayanan publik serta fasilitas pemerintah lainnya, pembangunan di distrik serta pelayanan kepada masyarakat di distrik-distrik,” kata Gomar.

Gomar akui, dari kunjungannya tersebut ada banyak hal yang menjadi atensi Pemda Mappi untuk kedepannya dalam menetapkan program atau rencana pembangunan, harus betul- betul tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat di distrik hingga kampung.

Sebab, dirinya sudah melihat dan mendengarkan langsung keluh kesah masyarakat yang menginginkan adanya sarana dan prasarana yang layak.

Seperti, sekolah, puskesmas, rumah ibadah, infrasturktur jalan dan jembatan, air bersih, penerangan, dan jaringan telekomunikasi, serta fasilitas TNI-Polri.

“Banyak sekali masukan, saran dan harapan masyarakat yang disampaikan kepada saya. Dan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami dalam menentukan kebijakan program pemerintah yang betul-betul tepat sasaran,” ujar Gomar.

Pasca kunjungannya ini, Gomar memastikan akan mengumpulkan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan evaluasi.

“Pada intinya apa yang masyarakat telah disampaikan kepada saya, akan menjadi bahan evaluasi bagi kami pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan program kedepannya,” pungkas Gomar.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.