BMKG Mimika Ingatkan Warga Waspada Hujan, Angin Kencang dan Petir

Warga Jayapura Dihimbau Waspadai Musim Hujan
Ilustrasi

TIMIKA | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Mimika agar waspada terhadap hujan, angin kencang dan petir yang terjadi pada bulan Januari ini.

Forecaster On Duty BMKG Mimika, Sony Hartono menjelaskan Bulan Januari ini pada umumnya di Indonesia sedang dihadapkan dengan cuaca kategori angin barat.

“Kalau di Idonesia itu ada angin barat dan angin timur , angin barat berarti hujan, angin timur adalah kemarau dan pada umumnya di Indonesia sekarang angin barat,” jelas Sony, Jumat (14/2/2022).

Sony menerangkan di Indonesia, cuaca pada umumnya adalah hujan.

Untuk Mimika memang sedikit berbeda meskipun ada angin dari timur sudah pasti tetap ada hujan.

“Cuma ada bedanya angin barat dengan angin timur kalau di Timika, kalau di Timika sendiri untuk angin barat ini biasanya akan terjadi hujan dengan awan yang konvektif seperti awan Cumulonimbus,” jelasnya.

Jadi hujan dari awan cumulonimbus biasanya sifatnya lebat, kemudian ada angin juga disertai dengan petir.

“Di Timika saat ini kondisinya seperti itu, ada angin kencang, hujan juga petir,” ujarnya.

Ditambah lagi sampai sekarang masih ada Fenomena La Nina. La Nina merupakan fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan yang lebih tinggi.

Fenomena La Nina ini diperkirakan sampai Maret 2022.

“La lina itu adalah pertambahan hujan dari seperti biasanya, jadi grafik hujannya bisa naik. Di timika sendiri untuk La Nina itu memang dampaknya tidak terlalu signifikan tapi kalau kebalikannya El nino dampak di Timika akan sangat terasa sekali,” jelasnya.

Kalau dari curah hujan di Timika bulan Januari tidak terlalu tinggi, namun ada hujan lebat.

“Januari ini yang musti diwaspadai adalah angin kencang takutnya bangunan bisa rubuh. Kemudian waspada petir,” imbuhnya.

Sementara untuk tinggi gelombang, Sony menjelaskan di perairan Agats-Amamapare masih normal yakni 0,5-0,25 Meter.

“Pada umumnya bagian selatan Mimika secara umum baik. Namun kalau ada awan culumunimbus bisa daja ada angin tiba tiba. Lagi berlayar tenang tapi tiba tiba angin datang lalu pergi dengan cepat,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.