BMKG Minta Warga Mimika Waspada Angin Kencang di Awal Tahun

TIMIKA | Forecaster On Duty BMKG Mimika, Fitria Nur Fadlilah mengatakan, warga Kabupaten Mimika perlu mewaspadai angin kencang yang terjadi di awal tahun 2022

Fitria menerangkan, sudah menjadi pola seperti tahun tahun sebelumnya dimana akhir Desember hingga awal Januari di Timika mengalami angin yang cukup kencang.

Dijelaskan angin tersebut terjadi karena kondisi angin di sebelah timur Auntralia ada pusat tekanan rendah dan sifat angin adalah mengalir dari daerah yang bertekanan tinggi ke rendah.

“Timika ini termasuk yang dilewati angin dari arah barat ke timur, lalu ketarik ke arah Timur Australia jadi beberapa hari ini anginnya kencang karena tertarik ke pusat tekanan rendah yang signifikan,” jelasnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/1/2022).

Untuk kekuatan angin, bisa sampai 20 Knot atau sekitar 40 Km/Jam dimana standarnya normal seharusnya adalah 5 Knot atau 10 Km/jam.

“Kalau sudah 40 Km/jam berarti kencang,” katanya.

Sementara itu Fitria menambahkan, secara umum cuaca di bulan Januari 2022 ini, pagi langit cerah berawan, siang berawan tebal, untuk sore hari berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, malam hujan ringan, dan pada dini hari berawan.

“Cuaca awal bulan biasa begini kalau pertengahan Bulan Juli – Agustus biasanya hampir setiap hari hujan. Setiap daerah mempunyai pola dan karakteristik yang berbeda-beda,” ujarnya.

Untuk tinggi gelombang, Fitria mengatakan karena angin kencang sehingga gelombang cukup tinggi.

“Kalau Agats – Amamapare tingginya sekitar 1,25 – 2,5 meter. Itu masuk kategori sedang. Jadi harus waspada. Harap hati hati untuk perjalanan laut, kalau kategori tinggi itu 2,5 – 4 meter, jadi ini masih sedang,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.