BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Mobil ke PT KPI Menangkan Paritrana Award 2020

PENYERAHAN | Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika menyerahkan 1 unit mobil kepada Dirut PT KPI atas yg kemenangannya pada Paritrana Award 2020. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
PENYERAHAN | Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika menyerahkan 1 unit mobil kepada Dirut PT KPI atas yg kemenangannya pada Paritrana Award 2020. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | BPJS Ketenagakerjaan melalui Kantor BPJS Cabang Mimika menyerahkan 1 unit mobil kepada PT Kuala Pelabuhan Indonesia (KPI), atas kemenangannya dalam Paritrana Award 2020.

Pada Patriana Award 2020, PT KPI menjadi juara 1 kategori perusahaan berskala besar.

Hadiah 1 unit mobil ini diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika Verry K Boekan kepada Direktur Utama PT KPI Jibril M A Bahar, Jumat (8/10/2021) di Kantor PT KPI, kompleks LIP Kuala Kencana, Mimika, Papua.

Paritrana Award 2020 merupakan penghargaan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Perusahaan Besar, Perusahaan Menengah dan Usaha Kecil Mikro.

Penghargaan ini diberikan pada semua badan usaha di Indonesia, terkait dengan kepedulian dan perhatian terhadap pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada karyawan.

“Paritrana Award 2020 digelar setiap tahun, dan PT KPI menjadi juara 1 pada kategori perusahaan berskala besar. Kami pun sangat bangga, karena ada ribuan perusahaan di Indonesia dan PT KPI jadi juara. Apalagi tempatnya di Mimika, Papua,” katanya.

PT KPI menjadi juara 1 pada Paritrana Award 2020 ini, tentunya ada beberapa penilaian dan klasifikasi oleh penilai. Para penilai di luar BPJS Ketenagakerjaan, seperti akademisi, kementerian dan lainnya.

Kriteria-kriteria yang dinilai, seperti kepedulian badan usaha terkait kepadanmasyarakat sekitarnya melalui program CSR.

PT KPI memberikan kepedulian dengan melakukan jaminan perlindungan kepada 3000 masyarakat Orang Asli Papua (OAP).

“Ini mungkin menjadi salah satu indikator, PT KPI bisa menjadi juara 1,” tuturnya.

Selain itu, tertib administrasi yang tidak pernah terlambat dalam pembayaran serta mengikutsertakan karyawannya kepada 4 program (JKM, JK PPK, JHT, dan JP).

PT KPI juga mendaftarkan seluruh karyawannya dan laporan upah dari KPI sesuai yang diterima.

“Memang tidak mudah memenangkan penghargaan ini. Namun, kami berkeyakinan menang setelah PT KPI masuk ke dalam 9 besar,” ungkapnya.

Sementara Dirut PT KPI Jibril M A Bahar mengatakan, saat ini PT KPI telah mendaftarkan 800 lebih karyawannya dalam kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan yanh dipimpinnya dalam memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada karyawan.

“Karyawan yang kami sudah daftarkan itu tersebar mulai area Highland sampai lowland. Termasuk karyawan kontraktor yang kebetulan kerjasama dengan kami,” katanya.

Terkait dengan penghargaan Paritrana Award 2020 dan PT KPI menjadi juara 1 Jibril mengaku sangat bangga. Ini menunjukkan bahwa PT KPI bisa berpartisipasi dan ikut serta dalam program perlindungan ketenagakerjaan.

“Kebanggaan ini karena KPI berada di Mimika, Papua maka tentunya bisa membawa nama baik daerah. Serta bisa memotivasi perusahaan-perusahaan lain di Kabupaten Mimika untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada karyawan. Karena banyak sekali manfaatnya,” ungkapnya.

reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.