BPKP Audit Kerugian Negara Dugaan Korupsi Dana BOS SMAN I Mimika

Donny S Umbora
Donny S Umbora

TIMIKA | Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Papua mulai melakukan pemeriksaan atau audit keuangan, terkait kerugian negara pada dugaan kasus korupsi dana BOS di SMAN I Mimika.

“Memang benar saat ini tim dari BPKP Papua sebanyak 8 orang sudah di Mimika. Dimana mereka datang pada Selasa (27/4/2021) kemarin,” kata Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Mimika, Donny S Umbora saat ditemui di ruangannya, Kamis (29/4/2021).

Kedatangan tim dari BPKP ini untuk mengklarifikasi terhadap potensi kerugian negara dari kasus ini, yang sudah disampaikan penyidik Kejari pada saat ekspos.

Dari proses klarifikasi ini, rencana dilakukan selama delapan hari. Dengan melakukan pemanggilan beberapa pihak, untuk dimintai keterangan.

“Sejak Selasa sampai Kamis ini, sudah ada 8-9 orang yang diperiksa BPKP, termasuk bendahara dan mantan Kepala SMAN I,” katanya.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPKP ini untuk mengklarifikasi kebenaran laporan yang ada.

6-7 orang yang merupakan pemilik toko sudah diperiksa pada Selasa. Rabu kemarin, BPKP memeriksa bendahara. Sedangkan Kamis ini tim auditor memanggil mantan kepala sekolah.

“Dari klarifikasi yang dilakukan oleh BPKP nanti, apabila ada kerugian negara maka akan dilanjutkan dengan proses selanjutnya dikoordinasikan dengan pimpinan, apakah penetapan tersangka atau lainnya,” ujar Donny.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.