BPOM Timika Temukan WNA China Bawa Obat yang Diklaim Obat Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
OBAT | Obat yang ditemukan oleh BPOM. (Foto: Ist for Seputarpapua)
OBAT | Obat yang ditemukan oleh BPOM. (Foto: Ist for Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mendapati seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China yang membawa tiga item obat tradisional.

Hal ini disampaikan Kepala BPOM Timika, Lukas Dosonugroho saat dihubungi Seputarpapua.com melalui sambungan telefon, Senin (15/2/2021).

Dijelaskan kejadian tersebut pada bulan Januari 2021 lalu dimana obat yang ditemukan salah satunya adalah obat Linhaua Qingwen palsu, sementara dua lainnya tidak dikenali.

Dimana WNA asal china tersebut menggunakan pesawat dari Jakarta tujuan ke Nabire dan transit di Timika. Saat transit dan pemeriksaan barang bawaan, petugas bandara bersama dengan pihak BPOM mendapat tiga item obat tersebut.

“Menurut pengakuannya beli di Jakarta. Tapi bukti-bukti pembelian tidak ada, sekitar tiga item obat tradisional tapi yang dua kami tidak kenal karena tidak ada tulisan bahasa Indonesia-nya. Kalau yang satu kami tau itu linhaua dan itu linhaua palsu, dan pengakuannya untuk dikonsumsi sendiri,” kata Lukas.

Dirinya mengatakan obat tersebut memang obat tradisional China namun bukan untuk menyembuhkan Covid-19.

“Hanya di masyarakat tidak tau informasi dari mana katanya itu obat Covid padahal bukan. BPOM belum pernah memberikan rekomendasi satupun kepada obat tradisional dengan klaim untuk obati Covid 19,” katanya.

Lukas mengatakan usai memeriksa dan mewawancarai WNA tersebut akhirnya obat tersebut diserahkan secara sukarela kepada petugas bandara dan BPOM untuk ditindaklanjuti oleh BPOM dan melaporkan ke pusat untuk penelusuran.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga