BPS Mimika Siapkan 459 Petugas Pendataan Regsosek 2022

Pembukaan pelatihan Regsosek. (Foto: Arifin)
Pembukaan pelatihan Regsosek. (Foto: Arifin)

TIMIKA | Sebanyak 459 petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 disiapkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Ratusan petugas lapangan ini akan disebar untuk melakukan pendataan ke masyarakat mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Sebelum diterjunkan, BPS Mimika menggelar pelatihan kepada petugas lapangan Regsosek di Hotel Horizon Ultima, Senin (3/10/2022).

Kegiatan tersebut dibuka Maria Rettob selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Bupati Mimika.

Hadir juga perwakilan Bapedda dan   Diskominfo.

Kepala BPS Mimika Ouceu Satyadipura, mengatakan pendataan awal Regsosek 2022 merupakan program Nasional berdasarkan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Kita harus melibatkan banyak stekholder bukan hanya BPS, tapi juga dari pemerintah daerah, karena kegiatan Regsosek ini adalah kegiatan Nasional bukan hanya kegiatan BPS,” kata Ouceu.

Pelatihan yang diikuti 459 orang ini dibagi dalam dua gelombang dan akan berlangsung selama dua hari.

Sementara itu, Maria Rettob selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Bupati Mimika, mangatakan Regsosek adalah hasil data untuk perencanaan dan inplementasi program pembangunan, serta salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan satu data program dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Maria, petugas harus memiliki pemahaman yang sama baik konsep, prosedur, maupun inplementasi pada saat pendataan dilapangan, sehingga data yang dihasilkan akurat.

“Data Regsosek ini sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Misalnya untuk penyaluran bantuan sosial, kesehatan, pendidikan dan administrasi kependudukan,” jelas Maria.

Ia berharap, kepada seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga saat melakukan pendataan dapat mengikuti prosedur yang ditetapkan BPS.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.