BPS: Pemekaran Provinsi Bakal Dorong Penyerapan Tenaga Kerja

Sumber Foto: Papua.go.id
Sumber Foto: Papua.go.id

TIMIKA | Badan Pusat Statistik (BPS) Papua menyatakan pembentukan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) di Bumi Cenderawasih sedikit banyak akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.

Hal ini disampaikan Koordinator Fungsi Statistik Sosial Sugiyanto, di Jayapura, Selasa (8/11/2022) dikutib dari Papua.go.id.

Penegasan itu, kata dia bukan tanpa alasan sebab dari survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2022, tercatat sebesar 2,83 persen atau turun 0,50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yakni 3,33 persen.

Menurunnya tingkat pengangguran pengangguran disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian yang mencapai 71,49 persen, kemudian perdagangan 6,78 persen dan pemerintah 5,68 persen.

“Hanya memang untuk pola lapangan pekerjaan dalam menyerap tenaga kerja ini masih sama dengan Agustus 2021,” katanya.

Dijelaskan berdasarkan penduduk usai bekerja, masih di dominasi oleh tamatan SD ke bawah dalam hal ini ada yang belum tamat sebesar 60,14 persen, kemudian pada tamatan diploma dan universitas sebesar 6,62 persen.

Diketahui, penduduk usia kerja merupakan semua orang yang berumur 15 tahun ke atas di mana usia kerja cenderung meningkat yakni sebanyak 2,56 juta orang.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.