Brimob Merauke Kedepankan Sisi Humanis dalam Penugasan di Mamteng

MERAUKE | Personel Brimob Polda Papua Batalyon D Pelopor Merauke mengedepankan pendekatan persuasif dan aspek kemanusiaan dalam pelaksanaan tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng).

Danyon D Pelopor Merauke, Komisaris Polisi Clief Gerald Philipus Duwith mengatakan, satu pleton Brimob Merauke dikerahkan ke wilayah hukum Polres Mamteng, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di sana.

Dalam penugasan itu, personel ditekankan untuk mengedepankan pendekatan persuasif dan sisi kemanusiaan kepada masyarakat maupun kepada stakeholder atau para tokoh setempat.

“Anggota kami tidak hanya menjaga kamtibmas. Mereka memberikan edukasi kepada masyarakat, seperti kesehatan, terkait bagaimana melindungi diri di masa pandemi. Juga menjalin hubungan sosial yang baik dengan semua pihak di sana,” kata Clief, Kamis (17/3/2022).

Selain dengan masyarakat dan para tokoh, personil Brimob Merauke juga bersinergi dengan unsur TNI- Polri dan pemerintah daerah setempat.

“Dengan terbinanya kerja sama yang solid, situasi kamtibmas pastinya lebih kondusif. Ini sesuatu hal yang positif dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” kata dia.

Clief menambahkan, personel Brimob Merauke telah beberapa kali melaksanakan patroli dialogis. Patroli ini lebih kepada pendekatan persuasif dan aspek humanis.

“Mereka mendatangi mama-mama penjual sayur, dan bapa-bapa yang tengah berkumpul ataupun tokoh masyarakat di rumah. Ini untuk membina hubungan yang baik,” ujarnya.

Selain patroli dialogis, personil Brimob Merauke juga berinisiatif menjaga sejumlah fasilitas publik di Kabupaten Mamberamo Tengah, seperti Kantor Bupati dan obyek vital lainnya.

“Situasi kamtibmas di Kabupaten Mamberamo Tengah hingga kini masih terbilang aman dan kondusif,” tandasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.