Buka Lomba Atletik di MSC, Luhut: Berjayalah di Tanah Mutiara Hitam

LEPAS | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat melepas atlet lari 5000 meter di Mimika Sport Complex. (Foto: Humas PPM/Mujiono)
LEPAS | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat melepas atlet lari 5000 meter di Mimika Sport Complex. (Foto: Humas PPM/Mujiono)

TIMIKA | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) membuka perlombaan cabang olahraga (cabor) atletik di Mimika Sport Complex (MSC), Selasa (5/10/2021), Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Pembukaan cabor atletik PON XX Papua ditandai dengan penembakan ke udara di titik start, untuk melepas atlet di cabang lari 5000 meter putra.

Luhut takjub dan mengatakan bahwa, sebelumnya ia tidak membayangkan Papua memiliki tempat olajraga yang megah, salah satunya MSC.

MSC dibangun oleh PT Freepoerr Indonesia dengan anggaran Rp468 miliar untuk mendukung Papua sebagai tuan rumah PON XX.

Kedepan, kata Luhut, Kawasan Indonesia Timur, khsusnya, Mimika di Provinsi Papua akan menjadi tempat perlombaan atletik.

“Kita bangun dari Timur, bangkit dari Timur, kita cari orang-orang yang baik dan juga pelatihnya kita siapkan,” ujarnya.

Ditegaskan juga oleh Luhut bahwa momen kali ini tidak hanya perayaan, namun harus dibuktikan dengan prestasi. Ini merupakan momentum sangat luar biasa dari cabang atletik yang berlangsung di Timika.

“Ini momentum yang baik dari cabor atletik. Untuk dari Papua kalian harus lebih baik dari lainnya. Sekarang kita tunjukkan bahwa Papua punya bakat yang bagus. Kompetisi olahraga kali ini sangat baik dan Berjayalah di tanah mutiara hitam ini,” ungkapnya.

Sementara Ketua PASI Papua Doren Wakerkwa mengatakan bahwa pertandingan ini sebagai momen menjalin persahabatan dan kekeluargaan dari seluruh Indonesia.

Papua ini aman dan damai, sehingga kenyamanan dan keindahan dapat di rasakan oleh para atlet dari berbagai kontingen yang hadir.

“Ambil sisi baiknya untuk bisa dibawa pulang. Sementara sisi buruknya tinggalkan saja di Papua,” ungkapnya.

Perlu diketahui, nomor-nomor yang dipertandingkan pada Cabor Atletik, yakni Lari Marathon dan Jalan Cepat (dilaksanakan di Kuala Kencana).
Arena pertandingan GOR Atletik MSC
Nomor Lari : Jarak 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, 5000 meter, 10.000 meter, 100 meter gawang, dan 3000 meter strip.
Nomor Lempar:
Tolak Peluru, Lempar Lembing, Lempar Cakram dan Lontar Martel.
Nomor Lompat:
Lompat jauh, Lompat Jangkit, Lompat Tinggi dan Lompat Galah. (Humas PPM/Febri/Mujiono/Mish)

editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.