seputarpapua.com

Buka Musrenbang Nasional, Presiden Jokowi Soroti Tiga Hal di Pusat Maupun Daerah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Presiden RI Joko Widodo memberi sambutan dalam Musrenbang Nasional 2021 yang dilaksanakan secara daring, Selasa (4/5/2021). (Foto: Tangkapan layar (BPMI))
Presiden RI Joko Widodo memberi sambutan dalam Musrenbang Nasional 2021 yang dilaksanakan secara daring, Selasa (4/5/2021). (Foto: Tangkapan layar (BPMI))

TIMIKA | Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 yang dilakukan secara daring, Selasa (4/5/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi tegas menyoroti tigal hal yang harus menjadi perhatian para perencana pembangunan di pusat maupun di tingkat daerah. Yang pertama, ditekankan adalah perencanaan yang efisiensi.

“Sebaik apapun perencanaan yang sudah kita buat kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat untuk menyesuaikan dengan tantangan dan peluang-peluang,” tegasnya.

Menurutnya perencanaan itu tidak berubah tujuan utamanya, yaitu untuk mensejahterahkan rakyat dan untuk memajukan bangsa. Meskipun diakuinya, cara dalam perencanaan tersebut seringkali harus berubah karena tantangan dan peluangnya setiap saat juga bisa berubah-ubah.

“Yang kedua, kita butuh sinergi kekuatan bangsa untuk memecahkan masalah yang kita hadapi,” tekan Jokowi.

Masalah kesehatan, masalah perekonomian, disiplin protokol kesehatan, tracing, treatment dan vaksinasi, menurut Jokowi membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa.

“Butuh jajaran pemerintahan dari pusat sampai daerah. Demikian pula produktivitas dari kalangan industri dari kecil sampai yang besar untuk memproduksi alat-alat kesehatan dan obat,” terangnya.

Jokowi juga akui, di samping itu Negara ada juga dukungan dari negara lain. Terutama terkait penggunaan teknologi mutakhir.

“Ini semakin tidak bisa kita hindarkan ketika pelayanan pemerintahan, pelayanan pendidikan, dan bisnis tidak bisa dilakukan secara luring,” tuturnya.

Reporter: Yonri
Editor: Mish
Berita Terkait
Baca Juga