Buka Musrenbang, Pj Bupati Mappi: Usulan Kegiatan Prioritaskan Masyarakat

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar saat membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Mappi ditandai dengan pemukulan tifa. (Foto: Ist/Seputarpapua)
Pj Bupati Mappi, Michael Gomar saat membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Mappi ditandai dengan pemukulan tifa. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Pj Bupati Mappi, Michael Gomar membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Mappi Tahun Anggaran 2023 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di tahun 2022.

Kegiatan tersebut mengusung tema Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Sosial Melalui Penguatan Sektor Strategis dan Penciptaan Inklusivitas yang Berkelanjutan.

Kegiatan Musrembang digelar di Gor Kepi, Kabupaten Mappi, Senin (18/7/22).

Michael Gomar dalam sambutannya meminta maaf atas keterlambatan pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kabupaten yang seharunya sudah dilaksanakan sejak awal tahun 2022.

“Namun karena satu dan lain hal sehingga tepat hari ini baru bisa dilaksanakan tetapi tidak mengurangi semangat untuk melaksanakan Musrenbang dalam menyepakati program tahun 2023 yang menjadi kebijakan prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2023,” kata Gomar.

Ia mengingatkan bahwa Musrenbang merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena telah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

Melalui tahapan Musrenbang, kata Gomar secara bersama-sama dapat menyepakati berbagai usulan program kegiatan yang sudah dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kampung, distrik, kabupaten dan nanti akan disampaikan pada tingkat Provinsi hingga Nasional.

Program kegiatan yang diusulkan secara berjenjang tersebut kata Gomar menjadi acuan untuk melaksanakan program-program prioritas yang dapat dilaksanakan di tahun 2023 dengan melakukan sinkronisasi kebutuhan program baik antar OPD, lintas sektor, dan juga melihat kembali kebutuhan dan aspirasi dari masyarakat berdasarkan pokok-pokok pikiran DPRD yang di jalani melalui pelaksanaan masa reses juga aspirasi yang disampaikan langsung baik kepada OPD, dan juga kepada DPRD Kabupaten Mappi.

“Hal ini dilakukan dalam rangka menyusun rencana kerja Pemkab agar dapat melaksanakan program dan kegiatan yang ditetapkan terkait program dan kegiatan prioritas dalam pelaksanaan pelayanan publik dan pembangunan tahun anggaran 2023,” ujarnya.

Mengingat banyaknya usulan yang akan dibahas dalam musrenbang ini, maka Gomar mengajak semua peserta Musrenbang agar menjadikan pelaksanaan Musrenbang ini sebagai forum tertinggi dalam proses penjaringan aspirasi dari kebutuhan masyarakat akan pembangunan.

Ia berharap Musrenbang tidak hanya dijadikan kegiatan formalitas, namun dalam kegiatan ini semua usulan baik fisik infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat diusulkan dapat dipertimbangkan kembali dan benar-benar menjadi kebutuhan prioritas bagi seluruh masyarakat kabupaten Mappi.

Dalam pelaksanaan Musrenbang ini juga kata Gomar, akan disepakati bersama usulan prioritas sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Dalam melaksanakan Musrenbang ini tetap memperhatikan prinsip-prinsip efesiensi, efektivitas, ekonomis sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan hasil perumusan kegiatan dalam Musrenbang juga bisa melihat arahan dari pusat dan Provinsi mengenai sistem birokrasi Pemerintah Provinsi Papua sehingga bisa sejalan dengan program kegiatan Nasional dalam rangka memulihkan perekonomian nasional dan program strategi nasional baik di, Papua Selatan khususnya di Kabupaten Mappi.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.