Bulan Desember, Pemkab Mappi Gelar Festival Budaya Sejuta Rawa

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar memimpin rapat pembentukan panitia Festival Budaya Sejuta Rawa, HUT Korpri dan Natal bersama di Pendopo, Selasa (22/11/2022). (Foto: Ist)
Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar memimpin rapat pembentukan panitia Festival Budaya Sejuta Rawa, HUT Korpri dan Natal bersama di Pendopo, Selasa (22/11/2022). (Foto: Ist)

MAPPI | Pemerintah Kabupaten Mappi, Papua Selatan, tahun ini menggelar Festival Budaya Sejuta Rawa.

Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar mengatakan, Festival Budaya Sejuta Rawa akan menjadi ajang promosi keindahan alam dan ragam budaya, serta adat istiadat di Kabupaten Mappi.

Selain itu, untuk meningkatkan pertumbahan ekonomi melalui UMKM.

Festival ini akan digelar pada tanggal 5 hingga 8 Desember 2022.

“Kurang lebih tiga hari waktu pelaksanaannya,” kata Gomar sapaan karib Pj Bupati Mappi, Selasa (22/11/2022).

Menurut Gomar, festival ini akan menampilan potensi daerah, kearifan lokal, dan tarian adat dari 6 suku besar, yakni Suku Yakhai, Suku Awyu, Suku Tamario, Suku Koroway Kombai, Suku Citak, dan Suku Wiyaghar.

Selain itu, ada juga beberapa kegiatan lainnya, seperti karnaval budaya Nusantara, penampilan musik rakyat, ukiran, anyaman noken, dan grup band lokal.

“Festival ini diperkirakan diikuti 800 peserta,” tutur Gomar.

Gomar menambahkan, Festival Budaya Sejuta Rawa merupakan kali pertama dilaksanakan, sehingga ini menjadi pengalaman perdana dan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan festival di tahun mendatang.

Sementara itu, untuk mempersiapkan kesiapan festival ini, maka Pemkab Mappi menggelar rapat pembentukan panitia.

“Tadi hasil rapat disepakati pak Kadis Pemuda dan Olahraga sebagai ketua panitia,” pungkas Gomar.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.