Bupati Asmat Lepas Peserta Karnaval Budaya HUT ke 77 RI di Distrik Atsj

Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Kadistrik Atsj Akbar Mustarim saat memberikan sambutan sebelum melepas peserta karnaval budaya, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Fagi)
Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Kadistrik Atsj Akbar Mustarim saat memberikan sambutan sebelum melepas peserta karnaval budaya, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Fagi)

ASMAT | Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu melepas peserta karnaval budaya HUT ke 77 RI di Distrik  Atsj, Sabtu (13/8/2022).

Peserta budaya diikuti masyarakat dari 6 kampung dan sekolah.

Dengan berjalan kaki, peserta karnaval dengan menggunakan berbagai pakaian adat nusantara mengelilingi Kota Atsj.

Seperti pakain adat Papua, Maluku, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan dan lainnya.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengapreasi karnaval budaya ini, setelah sebelumnya tidak dapat dilakukan akibat pandemi Covid-19.

“Selamat memeriahkan HUT ke 77 Republik Indonesia, semoga kita pulih dari Covid-19 dan bangkit bersama untuk membangun Kabupaten Asmat,” kata Elisa dalam sambutannya sebelum melepas peserta karnaval.

Elisa mengatakan, pembangunan akan terus dikerjakan diseluruh pelosok Asmat. Apalagi saat ini wilayah selatan Papua, sudah menjadi Provinsi Papua Selatan yang beribukota di Merauke.

Untuk itu, kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan diri menyambut Provinsi Papua Selatan. Caranya, masyarakat harus mendorong anak-anak bersekolah dan tetap menjaga kesehatan.

“Karena kita di Asmat harus menjadi hitungan juga di Provinsi Papua Selatan nantinya,” ujar Elisa.

Elisa menambahkan, saat ini generasi Asmat didorong untuk menduduki jabatan-jabatan strategis di Merauke yang merupakan Ibu kota Provinsi Papua Selatan.

Baik itu jabatan di pemerintahan, legislatif hingga TNI-Polri, serta lembaga BUMN lainnya.

“Karena hadirnya PPS untuk mensejahterakan masyarakat di selatan Papua, salah satunya Asmat,” pungkas Elisa.

Sementara itu, Kepala Distrik Atsj Akbar Mustarim mengatakan, karnaval budaya ini sebagai bentuk kecintaan masyarakat kepada NKRI dalam rangka menyambut HUT ke 77 RI.

“Di Papua kita lebih Indonesia, karena sangat beragam dengan agamanya, suku dan ras,” kata Akbar.

Akbar menambahkan, di Distrik Atsj ada enam kampung, dan seluruh masyarakat hidup damai dan melaksanakan aktivitas dengan lancar.

“Kita harap bersama Distrik Atsj tetap maju ekonominya dan berkembang pula seperti distrik lainya di Asmat,” pungkas Akbar.

 

reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.