Bupati Asmat: Penerbangan Pesawat ATR Tingkatkan Perekonomian

Bupati Asmat, Elisa Kambu
Bupati Asmat, Elisa Kambu

TIMIKA | Masyarakat Kabupaten Asmat, Papua saat ini patut berbangga. Pasalnya, Jumat, 20 Agustus 2021 pesawat jenis ATR yang dikelola oleh Maskapai Wings Air sudah bisa melayani penerbangan sipil dari Timika ke Asmat.

Pelayanan penumpang untuk moda transportasi udara ini bisa dilakukan, setelah Bandara Ewer yang berada di Kampung Bismam, Distrik Agats, sudah bisa didarati pesawat jenis ATR. Bandara Ewer sendiri memiliki panjang runway 1.600 meter.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan beroperasinya pesawat Wings Air dalam melayani masyarakat Asmat. Hal ini akan memudahkan akses penerbangan baik dari maupun ke Asmat.

“Sebenarnya, banyak yang ingin datang ke Asmat. Namun, karena akses penerbangan yang terbatas maka membuat susah untuk datang ke Asmat,” kata Bupati di LIP-Kuala Kencana, Jumat (20/8/2021).

“Kemudahan terhadap akses penerbangan ini berkat dukungan dan keberanian masyarakat dan Pemkab Asmat, dalam membangun runway Bandara Ewer,” ujarnya.

Kata Bupati, dengan dibukanya pelayanan penerbangan pesawat jenis ATR masuk ke Asmat ini, diharapkan Kabupaten Asmat semakin berkembang. Terutama di bidang perekonomian dan perdagangan.

Ini karena, masyarakat bisa membawa hasil komoditinya ke luar Asmat, apakah itu katakan (kepiting), anyaman, ukuran, dan lainnya.

Selain itu, dengan dibukanya pelayanan penerbangan ini maka akan ada multi efek yang bisa dirasakan masyarakat.

“Multi efek yang dimaksud adalah, akan banyak masyarakat yang datang. Tentunya, penginapan, warung makan, dan lainnya akan tumbuh. Secara otomatis, akan menambah pendapatan daerah,” ujarnya.

Hal-hal inilah yang Pemkab Asmat harapan. Karena Kabupaten Asmat untuk masalah anggaran, masih tergantung kepada pemerintah pusat. Berbeda dengan daerah lain, seperti Mimika yang pendapatan daerahnya dari berbagai sektor, khususnya pertambangan.

Lanjutnya, yang tidak kalah penting adalah, Pesta Budaya Asmat akan semakin ramai. Walaupun selama dua tahun di masa pandemi tidak bisa dilakukan.

“Pesta Budaya Asmat sudah jadi ikon daerah, dan tentunya akan banyak yang berkunjung untuk melihatnya. Karenanya, dengan adanya kemudahan akses penerbangan ini, diharapkan Pesta Budaya Asmat yang digelar setiap tahunnya bisa lebih ramai,” ungkapnya.

Perlu diketahui, penerbangan Timika – Ewer Asmat Wings Air dengan waktu
tempuh sekali jalan (one way) berkisar 60 menit dan rute Ewer Asmat – Merauke durasi 90 menit.

Wings Air dalam pelayanannya mengoperasikan armada tipe ATR 72-600 atau ATR 72-500, berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Berikut jadwal penerbangan.

Senin dan Jumat, mulai 20 Agustus 2021:
Nomor terbang IW-1604 Timika (TIM) 11.15 – Ewer Asmat (EWE) 12.15
Nomor terbang IW-1602 Ewer Asmat (EWE) 12.45 – Merauke (MKQ) 14.15

Selasa dan Sabtu, mulai 21 Agustus 2021:
Nomor terbang IW-1603 Merauke (MKQ) 10.00 WIB – Ewer Asmat (EWE) 11.30
Nomor terbang IW-1605 Ewer Asmat (EWE) 12.00 – Timika (TIM) 13.00

Tarif tiket fantastis satu kali jalan tersedia di rute Timika – Ewer Asmat Rp615.200,-
Ewer Asmat – Merauke
Rp1.324.000,-
Merauke – Ewer Asmat Rp1.333.000,-
Ewer Asmat – Timika Rp611.200,”

 

reporter : Mujiono
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.