Bupati Asmat Resmikan Puskesmas Berkontruksi Beton di Distrik Atsj

RESMIKAN | Bupati Asmat Elisa Kambu meresmikan Puskesmas di Distrik Atsj, Rabu (11/3/2021). Puskesmas ini berkonstruksi beton dan sudah dibangun sejak bulan Juli 2020. (Foto: Fagi Difinubun)
RESMIKAN | Bupati Asmat Elisa Kambu meresmikan Puskesmas di Distrik Atsj, Rabu (11/3/2021). Puskesmas ini berkonstruksi beton dan sudah dibangun sejak bulan Juli 2020. (Foto: Fagi Difinubun)

ASMAT | Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Distrik Atsj Rabu (10/3/2021).

Puskesmas dengan berkontruksi beton ini berada di Kampung Bakasei, yang merupakan Ibukota Distrik Atsj.

Puskesmas berukuran 600 meter persegi dikerjakan PT Mandiri Agung Papua, dengan fasilitas pelayanan, seperti ruang IGD, ruang poli klinik, dan fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, puskesma ini dibangun sejak bula Juli 2020.

“Puskesmas Atsj ini dibangun sejak bulan Juli tahun 2020, dan Puji Tuhan kita telah resmikan pada hari ini, Rabu 10 Maret 2021, dan sudah bisa laksanakan pelayanan untuk masyarakat,” kata Elisa.

Peresmian puskesmas dihadiri juga Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar, Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces, Pabung KODIM 1707 Merauke/ Asmat Mayor Inf Rustam, dan jajaran pimpinan OPD dilingkup Pemkab Asmat.

Selain itu, ,kepala distrik, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan terkait.

Menurut Elisa, puskesmas berkonstruksi beton juga telah dibangun di Kampung Binam Distrik Suator, Kampung Hahare Distrik Kopay dan Kampung Daikot Distrik Joutu.

“Selain itu juga kami telah bangun puskemas di tahun 2020 dengan ukuran type 420 meter persegi berlokasi Kampung Hahare Distrik Kopay dan Kampung Daikot Distrik Joutu,” tutur Elisa.

Di tahun 2021, kata Elisa, akan dibangun puskesmas berkonstruksi beton di Kampung Omor Distrik Unirsirau, Kampung Ayam Distrik Akat.

“Kalau untuk 2021 kami akan bangun puskemas berkonstruksi beton di Kampung Omor Distrik Unirsirau type 420 meter persegi. Dan juga akan dibangun gedung rawat inap di Kampung Ayam Distrik Akat,” tutur Elisa.

Selain fokus menghadirkan infastruktur dasar kesehatan, Elisa yang kembali terpilih memimpin Asmat untuk periode 2021-2024 ini juga berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk para tenaga kesehatan.

“SDM para tenaga kesehatan juga harus kita siapkan dengan baik, sehingga mampu melaksanakan pelayanan yang optimal di puskemas setempat,” ujar Elisa.

Tak hanya itu, lanjut Elisa, bangunan berkonstruksi beton juga akan dibangun pada fasilitas lainnya, seperti sekolah dan kantor distrik.

“Fasilitas lainnya juga kita akan dibangun berkonstruksi beton, seperti sekolah dan kantor distrik,” pungkas Elisa.

 

Reporter: Fagi Difinubun
Editor: Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.