Bupati Asmat Resmikan Rumah Jew di Kampung Sogoni

ARAHAN | Bupati Asmat Elisa Kambu ketika memberikan arahan saat meresmikan rumah jew di Kampung Sogoni. (Foto: Humas Asmat)
ARAHAN | Bupati Asmat Elisa Kambu ketika memberikan arahan saat meresmikan rumah jew di Kampung Sogoni. (Foto: Humas Asmat)

ASMAT | Bupati Asmat Elisa Kambu meresmikan rumah jew atau rumah adat di Kampung Sogoni, Distrik Atsj, Jumat (3/7).

Rumah jew ini sebelumnya sudah ada. Akan tetapi, beberapa struktur bangunan telah rusak, maka warga bergotong royong membangunkanya kembali.

Hal ini bertujuan, demi kelancaran agenda-agenda kebudayaan di rumah jew tersebut.

Bupati Asmat Elisa Kambu menyampaikan, rumah jew adalah identitas lokal orang Asmat di Provinsi Papua.

“Hanya kita di Asmat yang miliki rumah adat, kota lain di Papua tidak memilikinya. Maka dari itu, mari sama-sama kita menjaga budaya lokal kita,” ajaknya.

Bupati menghimbau, kepada para tua-tua adat, agar ajari nilai-nilai khas lokal yang di kota bertajuk di atas lumpur tersebut kepada generasi muda setempat.

“Maka tentu, ke depan semangat generasi muda tetap melestarikannya, dibarengi nilai-nilai kesakralan pada setiap ciri khas lokal ada,” pesannya.

Ia menambahkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi seluruh nilai khas budayanya.

“Mari mencintai nilai-nilai budaya lokal kita. Kata pepata, kau cintai budayamu, maka dipastikan hidupmu akan damai dan teratur dengan baik,” katanya mengakhiri sambutannya.

Peresmian rumah jew baru di Kampung Sogoni Distrik Atsj dihadiri, Ketua DPRD Asmat Yoel Mangoprau, tokoh masyarakat, serta jajaran TNI/Polri setempat.

 

Reporter: Fagi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar