Bupati Asmat Serahkan Bibit Benih dan Alat Pertanian yang Bersumber dari Dana Otsus

Bupati Asmat, Elisa Kambu, menyerahkan bibit dan benih juga peralatan pertanian kepada Kelompok Tani Bis Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Selasa (31/1/2023). (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)
Bupati Asmat, Elisa Kambu, menyerahkan bibit dan benih juga peralatan pertanian kepada Kelompok Tani Bis Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Selasa (31/1/2023). (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)

ASMAT | Bupati Asmat Elisa Kambu melakukan penyerahan bibit benih dan peralatan pertanian kepada kelompok tani Bis Agats di TPA jalan Nusantara II, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Selasa (31/1/2023).

Penyerahan bibit benih dan peralatan pertanian ini, disebutkan Bupati, merupakan bibit benih dan alat pertanian yang berkualitas dan bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) tahun 2022.

Karena itu, dengan tersedianya sarana produksi baik bibit (benih unggul) maupun peralatan pertanian yang berkualitas, diharapkan dapat mempengaruhi hasil pertanian yang juga berkualitas dan menambah kuantitas produksi pertanian.

“Apa yang kita lakukan hari ini, merupakan peningkatan produktivitas hasil pertanian dari tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pertanian,” kata Bupati Elisa Kambu dalam sambutannya.

Penyerahan bibit berupa buah-buahan seperti anak pisang lokal, jeruk, mangga cangkok, dan rambutan cangkok. Sedangkan benih sayuran yakni bayam, cabe rawit, kacang panjang, kangkung, pare, belut, pepaya, sawi, seledri, terong, tomat, labu putih, dan timun.

Kemudian peralatan pertanian seperti cangkul dan gagangnya, kampak, parang babat, penggaruk tanah, sekop dan juga gagangnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mengarahkan para petani mengalokasikan dananya untuk terus membudidayakan hasil pertanian secara optimal. Hal itu juga demi peningkatan produksi pertanian pangan lokal di Asmat agar dapat tercapai.

Pemerintah Kabupaten Asmat akan terus menggenjot bidang pertanian dan berupaya melakukan inovasi bagi produksi pangan lokal di Kabupaten Asmat.

“Penyerahan bibit pertanian ini bagi kelompok tani sangatlah berkualitas. Sehingga kepada teman-teman para pendamping pertanian dapat menjadi pioner bagi masyarakat (petani) di Asmat,” pungkasnya.

 

penulis : Elgo Wohel
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan