Bupati: Bandara Timika Strategis untuk Penerbangan Internasional

Ruang tunggu lantai dua di Bandara Mozes Kilangin Timika (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Ruang tunggu lantai dua di Bandara Mozes Kilangin Timika (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan yang dibangun pemerintah berkelas internasional.

Bupati Eltinus menargetkan pada Desember 2022 ini bandara tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Bandara ini kelasnya internasional bukan lagi kacang-kacangan biar kabupaten lain juga tahu,” kata Bupati di Timika, saat meresmikan Operasional Perdana Penggunaan Garbarata Bandara Mozes Kilangin, Rabu (27/7/2022).

Bupati menjelaskan, bandara internasional di Papua hanya Biak dan Jayapura. Bandara Timika memang belum menjadi bandara internasional namun nantinya setelah semua pengerjaan rampung, Pemkab Mimika akan mengurus menjadi bandara internasional.

“Kalau internasional berarti dia ini bisa keluar di mana saja. Itu luar negeri dan dalam negeri dan di Timika ini lebih dekat dengan ke Australia, Singapura dan Jepang dan ke Amerika lewat Hawai dari pada lewat putar ke Asia sana,” katanya.

Bupati mengatakan, bandara ini sebagai bentuk kemajuan wilayah dan salah satu infrastruktur yang penting melayani kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dengan posisi strategis, merupakan akses masuk wilayah Papua dan penyangga ekonomi di wilayah sekitar kabupaten Mimika.

“Juga merupakan bukti keterpaduan yang nyata, strategis antara pusat dan daerah. Perkembangan pembangunan bandara Mozes Kilangin yang dilengkapi fasilitas garbarata yang sebenarnya merupakan bagian dari kontrak pembangunan terminal ini tetapi segera difungsikan untuk melayani masyarakat secara parsial telah kami serahkan ke UPBU Timika sehingga dapat diresmikan untuk difungsikan mulai hari ini,” ucapnya.

Kemudian akses bandara ini dengan posisi Kabupaten Mimika yang strategis diperlukan juga daya tarik yang lain seperti penggunaan tempat belanja yang akan disediakan pada bandara ini serta diperlukan juga daya tarik lain seperti angkutan untuk melayani masyarakat.

“Keberadaan bandara megah ini ditengah kondisi ekonomi dunia yang sulit kita berharap bisa untuk pengembangan guna mempercepat proses pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni melaporkan pekerjaan pembangunan terminal penumpang bandara telah mencapai 78 persen dan selesai pada Desember 2022

Untuk fixed bridge atau jembatan penghubung antara terminal dan pesawat sudah terpasang sebanyak 3 unit, dan garbarata sebanyak dua unit.

Ia juga melaporkan pada sisi darat pekerjaan lanjutan tahap dua akan selesai tahun 2023.

“Kelanjutan pekerjaan area parkir kendaraan, halte bus, shelter taksi, koridor dan lainnya selanjutnya untuk pekerjaan pembangunan terminal tahap 4 akan selesai pada Desember 2022 tahun ini dengan konstruksi tiga lantai,” jelasnya.

Untuk apron atau pelataran pesawat dikerjakan kurang lebih 3 bulan kedepan dengan volume masing-masing sisi 700 m2 dan 400 m2.

Untuk hanggar yang telah terbangun, kata Ida telah melayani beberapa operator pesawat dengan kapasitas pesawat terbesar melayani boeing 737-900 dengan daya tampung 12 pesawat.

“Hanggar ini nantinya akan dikelola oleh perusda dan menjadi sumber PAD kabupaten Mimika,” ucapnya.

Selanjutnya sebagaimana kebijakan Bupati Kabupaten Mimika dalam peningkatan bandara Mosez Kilangin melayani rute internasional guna peningkatan ekspor dari Timika menuju ke negara tujuan ekspor. Ia berharap semoga segera terwujud dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dan mewujudkan ekonomi mandiri masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan.

Untuk diketahui, terminal yang dibangun diatas tanah seluas 21.000 meter persegi ini dibangun oleh Kementerian Perhubungan saat ini mampu menampung 4.000 orang di masing-masing lantai.

Untuk mengakses lantai dua, penumpang bisa menggunakan tangga, eskalator dan lift.

Terminal ini juga dilengkapi dengan area bermain anak, mushola, ruang menyusui dan fasilitas lainnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.