Bupati dan Wabup Asmat Hadiri Pesta Rumah Jew Baru di Kampung As

PESTA ADAT | Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Thomas Eppe Safanpo menghadiri pesta rumah jew di Kampung As. (Foto: Faqi/SP)
PESTA ADAT | Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Thomas Eppe Safanpo menghadiri pesta rumah jew di Kampung As. (Foto: Faqi/SP)

ASMAT | Bupati Asmat Elisa Kambu bersama Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo menghadiri pesta rumah jew (rumah adat) baru di Kampung As, Distrik Pulau Tiga, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Rabu (29/7).

Pesta rumah jew baru juga dihahadiri Wakil Ketua I DPRD Asmat, Silvester Silvester Diforo Biakai, Kapolres Asmat, Andi Yosep Enoch, SIk serta undangan lainnya.

Dalam pesta rumah adat di Kampung As, masyarakat meramaikannya dengan memukul tifa serta bersorak bernyanyi dan menari bersama.

Pesta adat semakin meriah ketika makan bersama di alam terbuka dengan menu ulat sagu, kelapa muda, umbi-umbian, pisang dan lain- lain.

“Saya memberi apresiasi kepada warga Kampung As Distrik Pulau Tiga, karena masih konsisten lestarikan budaya lokal seperti membangun kembali rumah jew,” ujarnya

Bupati mengatakan, pelestarian budaya lokal adalah kewajiban seluruh masyarakat, baik itu masyarakat di Kampung As dan Kabupaten Asmat pada umumnya

Kata Bupati, budaya lokal harus dijaga dan harus ditunjukkan kepada orang-orang di dunia bahwa, meski ditengah kemajuan bangsa yang semakin pesat, ciri khas Asmat tidak pernah redup ditelan zaman.

“Mari kita lestarikan, bersatu padu kenalan budaya lokal Asmat ke seluruh penjuru,”kata Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kampung As agar hidup berdampingan dan saling mengayomi satu sama lainnya.

“Kalau ada kesalapaham, selesaikan dengan baik-baik, kita anak adat, rumah jew (rumah adat) adalah solusi menyelesaikan semua masalah,”tutur Bupati kepada masyarakat Kampung As.

Bupati mengatakan, hidup damai antar sesama, maka akan mendatangakan keberkahan di kampung

Orang nomor satu di Kabupaten Asmatil itu juga menghimbau kepada para orang tua agar menyekolahkan anak-anak.

“Anak-anak harus dikasi sekolah, pendidikan sangat penting, mereka adalah penerus yang akan membangun Kabupaten Asmat salah satunya di Kampung As,” tuturnya.

 

Reporter: Faqi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar