Bupati Elisa dan Rombongan Jemput Pj Gubernur Papua Selatan di Merauke

Foto bersama Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan Bupati Asmat Elisa Kambu
Foto bersama Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan Bupati Asmat Elisa Kambu

MERAUKE | Bupati Asmat Elisa Kambu bersama rombongan menjemput Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, di Bandara Mopah, Merauke, Jumat (18/11/2022).

Sedikitnya 80 tokoh masyarakat dari Kabupaten Asmat turut menjemput kedatangan Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo yang notabene putra daerah Kabupaten Asmat.

Apolo Safanpo tiba bersama Pj Sekda Papua Selatan Sugiarto dan rombongan menggunakan pesawat Garuda dari Jakarta.

Bupati Asmat, Elisa Kambu menyatakan para tokoh yang dimaksud ialah dari unsur adat, agama, tokoh perempuan dan perwakilan masyarakat nusantara di Kabupaten Asmat. Pemerintah daerah mendukung kedatangan para tokoh tersebut di Merauke.

Bupati Elisa mengatakan, mereka hadir untuk ikut memeriahkan acara penyambutan Penjabat Gubernur sekaligus memberikan dukungan moril kepada Apolo Safanpo yang merupakan putra daerah Kabupaten Asmat.

“Yang datang semuanya ada sekitar 80 orang, tentunya kami ingin mengambil bagian di tengah kemeriahan seluruh masyarakat Papua Selatan, sekaligus memberikan dukungan moril kepada penjabat yang baru dilantik,” kata Bupati Elisa.

Selain memboyong puluhan tokoh masyarakat dari Asmat, Bupati Elisa  mengatakan Pemkab Asmat  mengerahkan seluruh warga Asmat yang berdomisili di Kabupaten Merauke. Mereka mengambil bagian dalam acara penyambutan yang dilaksanakan secara adat di Bandara Mopah.

“Kita tahu sendiri, hadirnya PPS itu berkat dari Tuhan untuk kita semua di selatan. Pastinya kita akan kerahkan semua masyarakat kita yang ada disini,” kata dia

Bupati Elisa menjelaskan, penetapan dan pelantikan Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Asmat.

Apolo Safanpo merupakan salah satu putra daerah terbaik dari “kota lumpur”, julukan Kabupaten Asmat, dan menjadi Penjabat Gubernur yang pertama di Selatan Papua.

“Ini merupakan catatan baru dalam lembar sejarah, di mana gubernur pertama Provinsi Papua Selatan adalah putra daerah Asmat,” ungkapnya.

Bupati Elisa pun mengajak seluruh masyarakat untuk tidak melupakan sejarah perjuangan pemekaran Provinsi Papua Selatan, menghormati para tokoh yang telah memperjuangkan kehadiran provinsi baru tersebut dan ikut berpartisipasi dalam berbagai pembangunan di selatan Papua.

“Kita sangat bersyukur impian selama 20 tahun akhirnya terwujud. Kita tidak boleh melupakan pencetus serta penggagas PPS adalah Bapak Jhon Gluba Gebze dan sejumlah tokoh lainnya, baik yang masih ada maupun yang telah tiada,” ujarnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.