Bupati Eltinus: Penutupan Bandara dan Pelabuhan Demi Menyelamatkan Warga Mimika

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng, menegaskan pembukaan akses masuk ke Papua khususnya di Kabupaten Mimika guna mencegah penyebaran Cobid-19 menunggu pekembangan kasus di Jakarta atau pulau Jawa pada umumnya.

Penutupan pelabuhan dan bandara di Provinsi Papua merupakan keputusan bersama saat pertemuan Gubernur, Forkopimda dan para Bupati/Walikota se-Papua, pada 24 Maret 2020 menyikapi penyebaran virus Corona di Papua.

Dari hasil kesepakatan tersebut, maka sebagai tindaklanjut di daerah, khususnya Mimika, Bupati Omaleng mengeluarkan instruksi Bupati. Dimana, salah satu poin dalam intruksi tersebut adalah penutupan sementara akses keluar-masuk ke Mimika, yakni bandara dan pelabuhan.

“Untuk bandara dan pelabuhan ini kami batasi. Tujuannya meminimalisir masyarakat yang masuk dan untuk pencegahan penyebaran virus corona. Oleh karena itu kami berhentikan dulu sampai 14 hari, terhitung mulai 26 Maret sampai 9 April 2020,” kata Bupati saat jumpa pers di Hotel Grand Mozza Timika, Rabu (25/3).

Kata Bupati, kebijakan penutupan sementara akses keluar masuk ke Mimika ini diputuskan karena baik pesawat maupun kapal berawal dari Jakarta. Dimana, kata Eltinus, kasus Covid-19 di Jakarta maupun pulau Jawa pada umumnya terus meningkat bukan menurun.

Seperti di ketahui, untuk kapal penumpang Pelni awal berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sementara pesawat awal melakukan penerbangan dari Cengkareng, Banten yang nota benenya merupakan daerah merah.

“Kalau di Jakarta sudah menurun, maka kita juga ada perubahan secara pelan-pelan. Namun kalau terus meningkat, maka akan ada penambahan waktu untuk pembatasan penerbangan dan kapal. Dan ini untuk mencegah agar virus corona tidak masuk Mimika,” ujarnya.

“Dengan demikian, kami minta semua memahami bahwa penutupan itu bukan dari Papua, tapi karena melihat perkembangan dari Jakarta atau pulau Jawa. Ini juga demi menyelamatkan warga Mimika,” tuturnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar