Bupati Jayapura: Pendidikan Berbasis Daring Harus Jadi Kebutuhan

Mathius Awoitauw
Mathius Awoitauw

SENTANI | Bupati Jayapura, Provinsi Papua, Mathius Awoitauw berharap layanan pendidikan berbasis daring tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan sesaat tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ia menyatakan layanan pendidikan di Kabupaten Jayapura harus disesuaikan dan mengarah kepada pelayanan yang berbasis IT.

“Situasi pandemi COVID-19 ini mengubah seluruh tatanan kehidupan. Termasuk layanan pendidikan, di mana kini tidak harus bertatap muka tetapi melalui internet, bisa menjawab kebutuhan selama pandemi,” kata Mathius di Sentani, Rabu (3/6).

Dia berharap belajar melalui jaringan internet ini menjadi kebutuhan yang harus dopenuhi, bukan karena adanya wabah tetapi ke depan harus menerapkan pendidikan berbasis daring.

Bupati meminta para guru menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini agar layanan pendidikan kepada siswa di Kabupaten Jayapura tetap berjalan maksimal meskipun tidak harus bertatapan muka di dalam kelas.

Meski demikian, Bupati mengaku tidak semua daerah di Kabupaten Jayapura saat ini sudah terlayani dengan jaringan internet.

Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya memiliki opsi lain agar masyarakat di daerah pinggiran ataupun pedalaman tetap terlayani selama pandemi COVID-19 yakni dengan memaksimalkan radio.

“Kita maksimalkan radio, program tv kabel juga untuk daerah kota. Pemerintah ingin para siswa ini tidak terlalu terkena dampak,” ujarnya.

Dia menambahkan untuk program layanan internet di daerah pinggiran sampai pedalaman memang belum semuanya terlayani.

Meski begitu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura sudah memasng jaringan internet wizard di beberapa sekolah.

 

Sumber : Antara
Editor : Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar