Bupati Merauke Serahkan Bantuan Peralatan Kerja kepada 40 Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif

Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kerja kepada kelompok usaha ekonomi kreatif, Rabu (30/11/2022). (Foto: Emanuel)
Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kerja kepada kelompok usaha ekonomi kreatif, Rabu (30/11/2022). (Foto: Emanuel)

MERAUKE | Sebanyak 40 kelompok pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Merauke, Papua Selatan menerima bantuan peralatan kerja antara lain lemari pendingin (kulkas), lemari pembeku (frezeer), mesin pengemas bungkusan, dan kompor dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke.

Sumber anggaran bantuan peralatan kerja tersebut dari dana Otonomi Khusus Papua dan Dana Alokasi Umum tahun anggaran 2022.

Bantuan diserahkan langsung Bupati Merauke, Romanus Mbaraka kepada perwakilan kelompok usaha ekonomi kreatif di Aula Noken Sai Merauke, Rabu (30/11/2022).

“Tahun depan, kita akan dorong lagi bantuan usaha untuk pelaku ekonomi kreatif, dan kita harapkan pelaku usaha harus serius dan mampu bertumbuh serta mengembangkan produksinya. Ada 40 kelompok, kalau dihitung-hitung sekitar Rp200 juta dapat digeser dari dana Otsus dan DAU,” kata Romanus.

Romanus menyatakan, pemerintah daerah Kabupaten Merauke bakal memprogramkan lagi bantuan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif pada 2023 mendatang, mengingat permintaan pasar di wilayah tersebut terus meningkat. Apalagi saat ini Merauke menjadi ibu kota Provinsi Papua Selatan.

“Pasar di Merauke sekarang lagi terbuka lebar, apalagi sudah jadi provinsi. Dalam setahun ini saja, kita kedatangan banyak tamu. Dan salah satu contoh peluang di sektor ekonomi kreatif ialah hampir semua pejabat yang datang itu pesan madu kopos. Madu asli yang diproduksi pelaku usaha orang asli Papua di Kampung Yanggandur, Distrik Sota,” katanya.

“Khasiat madu ini sangat bagus dan baik untuk kesehatan. Saya harapkan pelaku usaha madu ini dapat menjaga kualitas produknya, memperbaiki kemasan dan juga mampu mencari pasar. Jangan menunggu pemerintah saja yang cari pasar. Manfaatkan media sosial yang ada untuk mempromosikan hasil produksi,” sambung Romanus.

Ia mengakui potensi wisata alam di Kabupaten Merauke masih sangat kurang. Sehingga yang perlu ditonjolkan ke depan adalah hasil produksi unggulan, seperti kuliner, sarang semut, minyak kayu putih dan juga madu kopos dari Yanggandur.

“Keunggulan daerah kita banyak, tapi bapak ibu yang kerja, tidak bisa pemerintah melakukan intervensi lebih jauh. Itu nanti sulit. Pemerintah mendorong dengan memberi fasilitas, pendampingan dan pembinaan. Selanjutnya harus mandiri. Terutama orang asli Papua, harus tunjukkan jati diri bahwa orang Papua juga bisa dalam dunia usaha,” tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Thadeus Warayaan menyatakan bantuan yang diberikan berupa peralatan kerja dan bahan-bahan penunjang. Bantuan diberikan sesuai kebutuhan para pelaku usaha.

“Dari 40 kelompok ini, 30 kelompok mendapat bantuan dengan sumber dana Otsus. 30 kelompok ini 100 persen penerimanya adalah kelompok ekonomi kreatif orang asli Papua. Sisanya 10 kelompok bersumber dari dana DAU, dan diperuntukan bagi pelaku usaha ekonomi kreatif warga nusantara,” kata Thadeus.

Ia menambahkan, Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Merauke memperoleh alokasi dana Otsus sebesar Rp300 juta di tahun 2022. Dana tersebut telah digunakan untuk pengadaan bantuan peralatan kerja dan bahan penunjang bagi kelompok usaha ekonomi kreatif.

“Bantuan yang diberikan tidak berupa uang, melainkan berupa peralatan kerja dan bahan penunjang untuk mendukung kegiatan usaha kelompok ekonomi kreatif. Sebelumnya kami melakukan survei dan pendataan dulu, sehingga bantuan menjadi lebih tepat sasaran,” imbuhnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.